Skripsi
Efektivitas Penerapan Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Pendidikan Geografi Universitas Nusa Cendana
XMLABSTRAK
Wua, Laurensia.2022. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Geografi Universitas Nusa Cendana. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana Kupang. Pembimbing (I) Dr. Hamza H. Wulakada, M.Si, Pembimbing (II) Bella Theo Tomi Pamungkas, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas, Penerapan, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Pendidikan Geografi Efektivitas adalah tingkat keberhasilan yang dihasilkan oleh seseorang atau sekelompok orang ataupun suatu organisasi yang diukur dengan kualitas, kuantitas dan waktu sesuai dengan yang telah direncanakan. Penerapan adalah suatu perbuatan mempraktekkan teori yang telah terencana untuk mencapai tujuan tertentu bagi kepentingan suatu kelompok. Pembelajaran daring merupakan suatu sistem pembelajaran yang dilakukan secara online tanpa melalui tatap muka dengan menggunakan bantuan aplikasi pembelajaran atau melalui platform yang telah tersedia. Virus Korona adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 yang dapat menginfeksi sistem pernapasan bagi yang tertular. Pendidikan Geografi merupakan jurusan yang mempelajari ilmu geografi untuk diterapkan ke dalam pendidikan. Tulisan ini bertujuan untuk 1) mengetahui keefektifan penerapan pembelajaran daring berdasarkan pengalaman Mahasiswa Geografi, 2) mengetahui kekuatan jaringan dalam proses pembelajaran daring berdasarkan pengalaman Mahasiswa Geografi, 3) mengetahui perbaikan-perbaikan yang Mahasiswa Geografi harapkan agar penerapan daring menjadi lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menyebarkan angket atau kuesioner melalui aplikasi kobotoolbox, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui aplikasi kobotoolbox. Hasil penelitian ini didapati Media yang paling sering digunakan oleh dosen dalam kuliah daring adalah Zoom dan Elearning Undana, mahasiswa geografi menyukai media ini dikarenakan dapat mudah digunakan dan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Media yang paling efektif dalam pembelajaran daring menurut mahasiswa geografi adalah E-learning undana, mahasiswa mengikuti perkuliahan menggunakan Hp. Mahaiswa lebih menyukai pembelajaran tatap muka dibandingkan dengan pembelajaran daring. Biaya yang digunakan dalam pembelajaran daring sangat mahal, hal ini dikarenakan mahasiswa harus membeli kuota internet untuk mengikuti kuliah daring, banyak aplikasi yang digunakan dan banyak kuota yang dihabiskan. Waktunya sangat efisien karena dalam pembelajaran daring dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, sehingga waktu belajar mereka efektif. Mahasiswa menggunakan internet Hp dalam kuliah daring, teknologi internet yang digunakan adalah 4G, kartu yang digunakan adalah kartu Telkomsel dan Xl, jaringan internet kadang terganggu, mahasiswa mengalami kesulitan dalam medapatkan akses internet dengan koneksi yang baik hal ini dikarenakan lokasi tempat tinggal mereka jauh dari tower sinyal. Mahasiswa Geografi memahami materi yang dijelaskan oleh dosen dalam kuliah secara daring, namun masih ada keluhan-keluhan dimana mereka mengatakan banyak terlalu banyak tugas yang diberikan oleh dosen, mahasiswa pasif dan dosen lebih monoton.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Laurensia Wua - Personal Name
|
Student ID |
1621100050
|
Dosen Pembimbing |
BELLA THEO TOMI PAMUNGKAS - 199209042019031013 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Hamza Huri Wulakada - 198107032009121002 - Ketua Penguji
Muhammad Husain Hasan - 198806022019031012 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Geografi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.02 Wua E
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |