Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Peserta Didik Kelas XI IPS3 SMAN 5 KUPANG

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Peserta Didik Kelas XI IPS3 SMAN 5 KUPANG

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray tentang materi Kekuasaan Kongsi Dagang VOC untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPS3 di SMA Negeri 5 Kupang Tahun Ajaran 2021/2022. Lokasi dalam penelitian ini di SMA Negeri 5 Kupang dengan titik fokus penelitian pada kelas XI IPS3 serta subjek dalam penelitian ini berjumlah 22 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 silkus, setiap pertemuan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Tahap Perencanaan, (2) Tahap Pelaksanaan Tindakan, (3) Tahap Observasi, dan (4) Tahap Refleksi, dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk menjawab masalah dalam penelitian diperoleh dari lembaran observasi dan analisis hasil belajar untuk mengetahui ketuntasan peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah pada materi kekuasaan kongsi dagang VOC. Peningkatan hasil belajar tersebut dapat dilihat pada siklus I yaitu peserta didik yang tuntas sebanyak 13 orang dengan presentase (59,10%) sedangkan 9 peserta didik tidak tuntas dengan presentase (40,90%), dan pada siklus II peserta didik mengalami peningkatan sebanyak 21 orang dengan presentase (95,45%), dan 1 siswa yang tidak tuntas dengan presentase (4,55%), dari hasil tersebut dapat dilihat presentase penigkatan hasil belajar antara siklus I dengan siklus II sebanyak 36,35%. Dari hasil tersebut peneliti menyatakan penelitian tindakan kelas dihentikan karena target ketuntasan telah tercapai dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray berhasil meningkatkan hasil belajar sejarah pada siswa kelas XI IPS3 SMA Negeri 5 Kupang.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray


Detail Information

Item Type
Penulis
JITRO NESIMNASI - Personal Name
Student ID
1701090080
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Ketua Penguji
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 ASI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA