Mengimplementasikan Model Pembelajaran Numbered Heads Together ( NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Hukum Newton kelas X di SMAN 4 Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Mengimplementasikan Model Pembelajaran Numbered Heads Together ( NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Materi Hukum Newton kelas X di SMAN 4 Kota Kupang

XML

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi hukum newton siswa kelas x Di SMAN 4 kota kupang dengan menerapkan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 4 Kota Kupang yang terletak di Kota Kupang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 pada semester genap tahun pelajaran 2022 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I dan siklus II merupakan rangkaian kegiatan yang saling berkaitan, dalam artian pelaksanaan siklus II merupakan kelanjutan perbaikan dari siklus I. Untuk Siklus I diadakan sebanyak tiga kali pertemuan yang terdiri dari dua kali proses belajar mengajar ditambah satu kali tes siklus, sedangkan siklus II diadakan sebanyak dua kali pertemuan dengan rincian satu kali pertemuan proses belajar mengajar dan satu kali pertemuan tes siklus II. Dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan (Planning), tindakan (Action), observasi (Observation ) dan refleksi (Reflection). Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada materi hukum newton mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Hal ini terbukti dengan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I, yang memperoleh persentase sebesar 60% dengan nilai rata-rata 79.08 dengan nilai tertinggi 99 dan nilai terendah 47. Dan mengalami peningkatan pada siklus II dimana dari 35 orang siswa sudah memperoleh nilai diatas KKM atau sudah 91% siswa tuntas belajar. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar siswa pada setiap siklus.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan
bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika materi hukum newton di kelas X IPA SMA Negeri 4 Kota Kupang, dimana terjadi peningkatan ketuntasan klasikal dari hasil belajar siswa.


Detail Information

Item Type
Penulis
Maria Delviana Motu - Personal Name
Student ID
1801050039
Dosen Pembimbing
Kadek Ayu Astiti, S.Pd., M.Pd - 19880928 201404 2 002 - Dosen Pembimbing 1
VINSENSIUS LANTIK - 197901292008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. I Wayan Sukarjita - 196807151994031002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Fisika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.03 Mot M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA