Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Tentang Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dikelas IV SD N Manusak

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Tentang Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan Pembelajaran 1 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dikelas IV SD N Manusak

XML

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Tentang Tema 5 Pahlawanku, Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan Pembelajaran 1 untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SD N Manusak Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang. Metode Penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yakni teknik observasi, teknik tes, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yakni deduktif dan kualitatif dengan subjek 21 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 11 orang.
Penelitian ini diadakan di SD Negeri Manusak, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I, dari 21 orang sebanyak 12 orang (57,15%) tuntas karena memperhatikan penjelasan guru,menyeselaikan pekerjaan kelompok, tidak mengganggu teman lain, mampu menjawab pertanyaan yang di berikan guru, serta dapat mengerjakan soal tes. Selanjutnya yang tidak tuntas 9 orang (39,13%) tidak tuntas karena suka bermain, mengganggu teman lain, tidak memperhatikan penjelasan guru, dan tidak mengerjakan soal tes dengan baik. Kekurangan guru belum mampu membimbing siswa 1/1 sesuai dengan masalah yang dihadapi, memberikan motivasi belajar kepada siswa. Selanjutnya pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat. Yakni dari 21 siswa, semuanya tuntas (100%) karena memperhatikan penjelasan guru, menyelesaikan tugas kelompok, mampu menjawab pertanyaan dari guru, tidak saling mengganggu, serta mampu menjawab soal tes dengan baik. Guru sudah mampu membimbing semua siswa dengan baik dan siswa mampu melaporkan hasil pekerjaan didepan kelas.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam pembelajaran tentang Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para pahlawan Pembelajaran 1 dapat meningkatkan hasil belajar siswa sesuai dengan kriteria ketuntasan yang diharapkan penulis.

Kata Kunci : Kooperatif Tipe Jigsaw, Para Pahlawan, dan Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA OKTAVIANI DE JESUS - Personal Name
Student ID
1701140146
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
Treesly Y. N. Adoe - 8821723420 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
826.06 Jes P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA