Penerapan Keterampilan Guru PPKn Dalam Memberi Penguatan Dan Keterampilan Melaksanakan Variasi Gaya Mengajar di Kelas Vii SMP Negeri 2 Ende Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Keterampilan Guru PPKn Dalam Memberi Penguatan Dan Keterampilan Melaksanakan Variasi Gaya Mengajar di Kelas Vii SMP Negeri 2 Ende Selatan

XML

Tujuan untuk 1) mendeskripsikan. penerapan keterampilan mengajar guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam memberi penguatan dan keterampilan variasi gaya mengajar di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ende Selatan, 2) Mendeskripsikan kendala yang di alami guru dan siswa dalam penerapan memberi penguatan dan keterampilan variasi gaya mengajar di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ende Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh langsung dari informan melalui wawancara dan data sekunder dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh langsung dari sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dokumentasi dan wawancara dengan maksud untuk mengumpulkan data sesuai dengan masalah peneliti.
Hasil ini menunjukan bahwa guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menerapkan keterampilan penguatan dan keterampilan variasi gaya mengajar sangat baik dalam proses pembelajaran, keterampilan penguatan yang digunakan oleh guru Pendidikan Kewarganegaraan yaitu penguatan verbal dan penguatan non verbal, penguatan verbal menggunakan kata-kata dan kalimat sedangkan keterampilan variasi gaya mengajar menggunakan suara, pemusatan perhatian, gerakan badan, dan perpindahan posisi dengan tujuan agar siswanya dapat mengerti. Akan tetapi dalam proses penerapan keterampilan penguatan dan keterampilan variasi gaya mengajar terdapat kendala atau hambatan baik guru maupun siswa. Kendala yang dialami guru dalam penerapan yaitu siswa kurang memahami, semangat dari dalam diri siswa untuk belajar kurang, kurang memadainya fasilitas sekolah, keterbatasan waktu pertemuan dan jam belajar di rumah, sedangkan kendala atau hambatan yang dialami siswa dalam penerapan keterampilan penguatan dan keterampilan variasi gaya mengajar yaitu siswa tidak memahami apa yang diajarkan guru sebab guru menerapkan atau berbicara terlalu cepat dan bahkan dalam menerapkan keterampilan tersebut suaranya kecil sehingga membuat siswa merasa bosan dan jenuh dalam belajar dan ini akan mengakibatkan prestasi siswa menurun


Detail Information

Item Type
Penulis
Donatus Baba - Personal Name
Student ID
1601070106
Dosen Pembimbing
SOLEMAN BULLY - 195012131976031001 - Dosen Pembimbing 1
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Ketua Penguji
Soleman Bully - 195012131976031001 - Penguji 1
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Bab P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA