Skripsi
Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas X Ips Sekolah Menengah Atas NEGERI 3 POCO RANAKA
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan model Pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Poco Ranaka. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanaka di SMAN 3 Poco Ranaka Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 3 Poco Ranaka yang berjumlah 28 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa RPP, langkah-langkah pembelajaran, lembar observasi hasil belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil yang baik. Hasil penelitian pada siklus I setelah menerapkan model pembelajaran discovery menunjukan adanya peningkatan hasil belajar. Siswa yang mencapai KKM pada pembelajaran siklus I berjumlah 11 siswa atau 39%, siswa yang tidak memenuhi KKM berjumlah 17 siswa atau 61%. Keberhasilan belajar pada siklus I dengan rata-rata kelas 69 dan ketuntasan klasikal 39%. Kemudian pada tindakan siklus II hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran telah sesuai dengan yang diharapkan. Keberhasilan siswa pada siklus II mengalami peningkatan dalam hasil belajar dimana dari 28 siswa semuanya mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah dengan presentase 100%. Rata-rata kelas pada siklus II 85% dan 100% ketuntasan klasikal.
Kata kunci: Belajar, Pembelajaran Sejarah, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
YOSEF LERSITO VIKO LEVEN - Personal Name
|
Student ID |
1701090097
|
Dosen Pembimbing |
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Dosen Pembimbing 1
STEVRIDAN YANTUS NEOLAKA - 199309242019031010 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Ketua Penguji
STEVRIDAN YANTUS NEOLAKA - 199309242019031010 - Penguji 1 Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 VEN P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |