Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUPANG TIMUR TAHUN AJARAN 2020/2021
XMLTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Masa Pendemi Covid – 19 Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Kupang Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 1157 siswa dan jumlah sampel sebanyak 137 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi linear berganda. Sebelumnya melakukan perhitungan analisis regresi linear berganda harus terlebih dahulu memenuhi uji kualitas data dan uji asumsi klasik.. Uji hipotesis terdiri dari uji koefisien determinasi, uji simultan (uji F), dan uji parsial (uji t). alat analisis penelitian ini menggunakan aplikasi komputer SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data residual berdistribusi normal, tidak terjadi gelaja multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Kemudahan google classroom, kemanfaatan google classroom dan kualitas layanan google classroom secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kupang Timur dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (28,944 > 2,67). Secara parsial kemudahan google classroom (X1) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kupang Timur dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel (6,752 > 1,977). Kemanfaatan Google Classroom (X2) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kupang Timur dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel (4,335 > 1,977). Kualitas layanan google classroom (X3) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kupang Timur dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel (-2,511 > -1,977). Pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 0,781 atau 78,1% dan sisanya sebesar 0,219 atau 21,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kemudahan, Kemanfaatan, Kualitas Layanan, Google Classroom, Hasil Belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Chintia E. Oematan - Personal Name
|
Student ID |
1601080116
|
Dosen Pembimbing |
ASNAT C. BANI BILI - 188408142019032008 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji |
Ari Data - 197209022003121003 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
87203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Ekonomi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.03 OEM P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |