PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUPANG TIMUR TAHUN AJARAN 2020/2021

Detail Cantuman

Skripsi

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KUPANG TIMUR TAHUN AJARAN 2020/2021

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Mata Pelajaran Ekonomi Dalam Masa Pendemi Covid – 19 Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Kupang Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 1157 siswa dan jumlah sampel sebanyak 137 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis regresi linear berganda. Sebelumnya melakukan perhitungan analisis regresi linear berganda harus terlebih dahulu memenuhi uji kualitas data dan uji asumsi klasik.. Uji hipotesis terdiri dari uji koefisien determinasi, uji simultan (uji F), dan uji parsial (uji t). alat analisis penelitian ini menggunakan aplikasi komputer SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data residual berdistribusi normal, tidak terjadi gelaja multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Kemudahan google classroom, kemanfaatan google classroom dan kualitas layanan google classroom secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kupang Timur dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (28,944 > 2,67). Secara parsial kemudahan google classroom (X1) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kupang Timur dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel (6,752 > 1,977). Kemanfaatan Google Classroom (X2) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kupang Timur dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel (4,335 > 1,977). Kualitas layanan google classroom (X3) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kupang Timur dibuktikan dengan nilai Thitung > Ttabel (-2,511 > -1,977). Pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 0,781 atau 78,1% dan sisanya sebesar 0,219 atau 21,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kemudahan, Kemanfaatan, Kualitas Layanan, Google Classroom, Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Chintia E. Oematan - Personal Name
Student ID
1601080116
Dosen Pembimbing
ASNAT C. BANI BILI - 188408142019032008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ari Data - 197209022003121003 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 OEM P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA