Implementasi Karakter Jujur Dan Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kelapa Lima Kota Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Karakter Jujur Dan Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kelapa Lima Kota Kupang

XML

Ledoh, Fransiska, Marliani. 2021. Implementasi Perilaku Karakter Jujur dan Tanggung Jawab pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kelapa Lima Kota Kupang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nusa Cendana. Pembimbing: (I) Drs. Petrus Ly, M.Si, (II) FembrianiS.Pd, M.Pd
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi perilaku karakter jujur dan tanggung jawab siswa Kelas IV SD Negeri Kelapa Lima Kota Kupang. Adapun tujuan dalam penelitian inI ialah untuk mendeskripsikan implementasi perilaku karakter jujur dan tanggung jawab siswa kelas IV SD Negeri Kelapa Lima Kota Kupang.
Penelitian in imerupakan penelitian deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SD Negeri Kelapa Lima Kota Kupang, Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan seluruh peserta didik kelaslV SD Negeri Kelapa Lima Kota Kupang.Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data menggunakanteknikanalisis Miles dan Huberma (reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan).Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Dari hasil penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa perencanaan implementasi perilaku karakter jujur dan tanggung jawab siswa Kelas IV SD Negeri Kelapa Lima Kota Kupang dilakukan dengan memasukkan pendidikan karakter kedalam kurikulum sekolah dan tata tertib sekolah kemudian disosialisasikan kepada warga sekolah dan Pelaksanaannya dilakukan dengan mengintegrasikan karakter jujur dan tanggung jawab dalam program pengembangan diri, mata pelajaran dan budaya sekolah. Pengintegrasian nilai – nilai karakter dalam pengembangan diri melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan dan pengkodisian. Pengintegrasian nilai – nilai karakter dalam budaya sekolah meliputi kegiatan kelas, sekolah, danluarsekolah, serta evaluasinya dilakukan dengan melakukan penilaian sikap pada siswa untuk kemudian dibahas permasalahan bersama saat rapat bersama guru dan kepala sekolah serta melibatkan siswa.

Kata kunci :Implementasi, PerilakuJujur, Perilaku Tanggung Jawab.


Detail Information

Item Type
Penulis
Marliani F. Ledoh - Personal Name
Student ID
1601140221
Dosen Pembimbing
Petrus Ly - 19591211986011002 - Dosen Pembimbing 1
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Gaspar Melo - 195806241987031002 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Led I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA