Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas 1 SD Inpres Rarano Kabupaten Rote Ndao

Detail Cantuman

Skripsi

Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis Permulaan Di Kelas 1 SD Inpres Rarano Kabupaten Rote Ndao

XML

ABSTRAK
Skripsi oleh Erwin Arison Lauwoe, Nim 1601140065 (2021) dengan judul “Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Di Kelas I SD Inpres Rarano”. Masalah penelitian ini yakni: Bagaimana pengaruh media kartu huruf untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan di kelas 1 SD Inpres Rarano? Dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan siswa kelas 1 di SD Inpres Rarano dengan menggunakan bantuan media kartu huruf. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni deskriptif kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan mencari rata-rata kelas pada subjek penelitian berjumlah 10 orang siswa dengan rincian 5 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Penelitian ini diadakan di SD Inpres Rarano Kabupate Rote Ndao dengan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil keterampilan membaca dan menulis permulaan siklus I dari 10 subjek yang tuntas berjumlah 5 dengan persentase (50%) tuntas karena sudah mencapai kriteria-kriteria dalam membaca yaitu siswa mampu mengenal dan mengucapkan huruf, siswa mampu mengeja huruf menjadi kata serta siswa mampu mengeja suku kata menjadi kata dan hasil keterampilan menulis siklus I yang tuntas berjumlah 2 orang dengan presentase (20%) tuntas karena mencapai kriteria-kriteria menulis yakni kerapihan tulisan, kelengkapan kata. Sedangkan yang tidak tuntas dalam keterampilan membaca siklus I berjumlah 5 orang dengan persentase (50%) tidak tuntas karena belum mencapai kriteria-kriteria dalam membaca yaitu 3 siswa belum mampu mengenal dan mengucapkan huruf, siswa belum mampu mengeja huruf menjadi kata serta siswa belum mampu mengeja suku kata menjadi kata dan tidak tuntas dalam keterampilan menulis berjumlah 8 orang dengan persentase (80%) tidak tuntas karena belum mencapai kriteria-kriteria dalam menulis yakni 5 siswa sulit membedakan huruf dan 3 orang siswa tidak tahu menulis. Selanjutnya siklus II mengalami peningkatan hal ini dibuktikan bahwa dari 10 subjek penelitian yang tuntas dalam keterampilan membaca berjumlah 8 siswa dengan persentase (80%) dan yang tuntas dalam keterampilan menulis 9 siswa dengan persentase (90%). Sesuai hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal dan mengucapkan huruf, kemampuan mengeja huruf menjadi kata, kemampuan mengeja suku kata menjadi kata. Serta dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan memperhatikan kerapian tulisan dan kelengkapan kata siswa kelas 1 SD Inpres Rarano Kabupaten Rote Ndao Kata Kunci : Media Kartu Huruf, Membaca, Menulis


Detail Information

Item Type
Penulis
Erwin Arison Lauwoe - Personal Name
Student ID
1601140065
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Penguji 1
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Lau P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA