Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Lewolema Kecamatan Ile Boleng

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Inpres Lewolema Kecamatan Ile Boleng

XML

Dengan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V di SD Inpres Lewolema Kecamatan Ile Boleng. Kegunaan dari penelitian ini yaitu sebagai masukan bagi para guru yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuatitatif dengan jumlah responden yaitu 16 orang, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), dengan teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Dengan terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Lewolema Kecamatan Ile Boleng. Dengan hasil penelitian menunjukan bahwa kebiasaan belajar siswa kelas V dengan persentase 43% tergolong sedang, prestasi belajar siswa dengan presentase 68,75% tergolong cukup ada hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dan prestasi belajar siswa ditunjukan dengan adanya t_(hitung>) t_tabel (0,921>0,497) dan taraf signifikansi 5%, korelasi dalam penelitian ini tergolong sedang. Dari analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa kebiasaan belajar terdapat hubungan dengan prestasi belajar siswa kelas V di SD Inpres Lewolema Kecamatan Ile Boleng dengan kontribusi sebesar 0,579% sedangkan sisanya 0,421% ditentukan oleh faktor-faktor lain.Dari hasil analisis diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V di SD Inpres Lewolema Kecamatan Ile Boleng. Artinya semakin baik kebiasaan belajar siswa akan semakin baik pula prestasi belajarnya.
Kata kunci : Kebiasaan Belajar, Prestasi Belajar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701140154
Dosen Pembimbing
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Ketua Penguji
SILVESTER P. TANEO - 196011261988031005 - Ketua Penguji
BENEDIKTUS KASA - 195706141984031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Tar H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA