Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Questioning Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Waikabubak

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Questioning Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Waikabubak

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi pembelajaran siswa tentang peradaban awal dikepulauan Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Questioning bagi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Waikabubak dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Pendidikan merupakan interaksi antara pendidik dengan peserta didik, untuk mencapai tujuan pendidikan yang berlangsung dalam lingkungan tertentu. Pendidikan berfungsi membantu peserta didik dalam pengembangan semua potensi, kecakapan, serta karasteristik pribadinya kearah yang positif, baik bagi dirinya maupun lingkungan. Hasil belajar Sejarah Siswa kelas X SMA Negeri 1 Waikabubak masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain guru menggunakan metode secara monoton / konvensional. Faktor lain dari siswa yaitu motivasi belajar siswa rendah. Guru hendaknya memilih metode yang tepat sehingga merangsang siswa untuk lebih aktif dalam kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada peradaban awal di kepulauan Indonesia bagi siswa perlu menggunakan Model pembelajaran Questioning. Dengan menggunakan model pembelajaran Questioning, hasil pembelajaran dapat meningkat. Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk mengidentifikasi masalah, merencanakan, melaksanakan, menyiapkan laporan akhir, memaparkan dan mengevaluasi. Berdasarkan hasil keseluruhan tersebut dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan baik dari segi aktivitas maupun dari segi prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang dapat dilihat dari presentase keberhasilan belajar yaitu pada pra siklus sebesar 55,5%, pada Siklus I 66,6%, lalu meningkat pada Siklus II yaitu 94,4%. Sehingga dengan menggunakan model pembelajaran Questioning pembelajaran lebih menyenangkan, kreatif, aktif dan tidak membosankan. Dengan demikian untuk memperoleh hasil belajar yang baik, maka perlu menggunakan model Questioning dalam pembelajaran sejarah peradaban awal dikepulauan Indonesia.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Model Questioning; Pembelajaran Sejarah.


Detail Information

Item Type
Penulis
SARTIANI SUSINTA WEDO - Personal Name
Student ID
1701090017
Dosen Pembimbing
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 EDO P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA