Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Questioning Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Waikabubak
XMLTujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi pembelajaran siswa tentang peradaban awal dikepulauan Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Questioning bagi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Waikabubak dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Pendidikan merupakan interaksi antara pendidik dengan peserta didik, untuk mencapai tujuan pendidikan yang berlangsung dalam lingkungan tertentu. Pendidikan berfungsi membantu peserta didik dalam pengembangan semua potensi, kecakapan, serta karasteristik pribadinya kearah yang positif, baik bagi dirinya maupun lingkungan. Hasil belajar Sejarah Siswa kelas X SMA Negeri 1 Waikabubak masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain guru menggunakan metode secara monoton / konvensional. Faktor lain dari siswa yaitu motivasi belajar siswa rendah. Guru hendaknya memilih metode yang tepat sehingga merangsang siswa untuk lebih aktif dalam kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah pada peradaban awal di kepulauan Indonesia bagi siswa perlu menggunakan Model pembelajaran Questioning. Dengan menggunakan model pembelajaran Questioning, hasil pembelajaran dapat meningkat. Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok untuk mengidentifikasi masalah, merencanakan, melaksanakan, menyiapkan laporan akhir, memaparkan dan mengevaluasi. Berdasarkan hasil keseluruhan tersebut dapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan baik dari segi aktivitas maupun dari segi prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan yang dapat dilihat dari presentase keberhasilan belajar yaitu pada pra siklus sebesar 55,5%, pada Siklus I 66,6%, lalu meningkat pada Siklus II yaitu 94,4%. Sehingga dengan menggunakan model pembelajaran Questioning pembelajaran lebih menyenangkan, kreatif, aktif dan tidak membosankan. Dengan demikian untuk memperoleh hasil belajar yang baik, maka perlu menggunakan model Questioning dalam pembelajaran sejarah peradaban awal dikepulauan Indonesia.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Model Questioning; Pembelajaran Sejarah.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
SARTIANI SUSINTA WEDO - Personal Name
|
Student ID |
1701090017
|
Dosen Pembimbing |
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 EDO P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |