Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Whatsapp Versus Zoom Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Sejarah Pada Siswa Di Sma Kristen Atambua

Detail Cantuman

Skripsi

Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Whatsapp Versus Zoom Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Sejarah Pada Siswa Di Sma Kristen Atambua

XML

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain pre-test Post-test Group Control Design dan melibatkan dua kelompok sampel yaitu kelompok yang menggunakan media zoom dan kelompok yang menggunakan media wa. Apakah ada perbedaaan keefktifan hasil belajar pelajaran sejarah antara yang diajarkan denan media whatsapp dan media zomm pada siswa di SMA Kriten Atambua. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI Ips di SMA Kristen Atambua. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random dari populasi yang homogen, sampel pada penelitian ini berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa untuk kelas yang menggunakan media zoom dan 20 siswa untuk kelasyang menggunakan media wa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar yang terdiri dari 25 item tes,yang terdiri dari 5 soal untuk pre test dan 15 soal untuk post test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata pre test siswa kelas yang menggunakan media zoom adalah 78,45 dan rata-rata hasil belajar siswa kelas yang menggunakan media wa adalah 72,75. Sedangkan rata-rata post test siswa kelas yang menggunakan media zoom adalah 88,30 dan rata-rata belajar siswa kelas yang menggunakan media wa adalah 78,70. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada pre test, dimana hasil perhitungan diperoleh thitung yaitu 0,00 < 0,05 yang artinya H ditolak karena terdapat perbedaan yang signifikan dari kelompok belajar yang menggunakan media zoom dan media wa. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t post test, dimana hasil perhitungan diperoleh thitung yaitu 0,00 < 0,05 yang artinya H 0ditolak karena terdapat perbedaan yang signifikan dari kelompok belajar yang menggunakan media zoom dan media wa. Dari hasil analisis tersebut diperoleh temuan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sejarah antara siswa yang diajar menggunakan media Zoom dengan siswa yan diajar dengan media WhatsApp Sehingga dapat disimpulkan bahwa lebih efektif jika pembelajaran daring menggunakan media Zoom karena hasil belajarnya lebih tinggi dibandingkan dari siswa yang diajarkan dengan media WhatsApp.

Kata kunci : Media Zoom, Media WhatsApp, Efektivitas


Detail Information

Item Type
Penulis
YULIA FREDERIKA KAI BUTI - Personal Name
Student ID
1701090045
Dosen Pembimbing
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
SUSILO SETYO UTOMO - 198906242014041001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Penguji 1
Susilo Setyo Utomo - 198906242014041001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 BUTI S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA