Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pelajaran Ips Melalui Model Cooperative Learning Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Kupang Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pelajaran Ips Melalui Model Cooperative Learning Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Kupang Timur

XML

Hasil pengamatan di kelas VII SMP Negeri 4 Kupang Timur menunjukan bahwa proses pembelajaran di kelas selama ini cenderung menggunakan komunikasi satu arah, yaitu informasi dari guru kepada siswa sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Berbagi gagasan dan pengalaman, bertanggung jawab terhadap tugas, kemauan menerima pendapat yang lebih baik, bertanya, dan mendatangkan ahli kedalam kelas, kurang diaktifkan. Akibat dari ketidaktepatan Penggunaan strategi pembelajaran tersebut menyebabkan rendahnya kemampuan siswa untuk memahami dan menerapkan konsep materi pelajaran. Oleh karena itu diupayakan untuk meningkatkan keterampilan cooperative dan hasil belajar baik secara individu maupun kelompok (kelas). Salah satu upaya untuk mengatasi kualitas tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning. Model pembelajaran ini bertujuan agar siswa tergerak dan saling mendukung, bisa saling membantu agar menguasai kemampuan yang di ajarkan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana upaya meningkatakan hasil belajar pelajaran IPS melalui penerapan model cooperative learning pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kupang Timur ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk Mendeskripsikan Penerapan Model Cooperative Learning pada siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kupang Timur. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari siswa laki-laki berjumlah 17 orang dan siswi perempuan berjumlah 7 0rang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa, guru dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumen. Siswa dikatakan tuntas belajar jika siswa mendapat KKM 75 dan ketuntasan belajar mencapai 80%. Sebelum diadakan penelitian yang memperoleh nilai ≥75 sebanyak 14 orang (60%) tuntas dan 10 orang (40%) tidak tuntas. Setelah dilakukan hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada siklus I yang memperoleh nilai ≥ 75 sebanyak 10 orang (60%) tuntas dan 14 orang (40%) tidak tuntas. Siklus II sebanyak 22 orang (80%) tuntas dan 2 orang (20%) tidak tuntas. Sedangkan hasil observasi menunjukan bahwa pada siklus I nilai observasi siswa mencapai 60% dan nilai observasi guru mencapai 72.72%. Siklus II nilai observasi siswa mencapai 80% dan nilai observasi guru mencapai 86.72%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning. dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar dan model Cooperative Learning


Detail Information

Item Type
Penulis
SIMON PETRUS SENGE - Personal Name
Student ID
1601090148
Dosen Pembimbing
Joni J. A. Ninu,M.Pd. - 196506281993031002 - Dosen Pembimbing 1
DELSY ASRIYANI DETHAN - 198212192014042001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 ENGE S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA