Blended Learning Dalam Matematika Sebagai Gagasan Pembelajaran Inovatif

Detail Cantuman

Skripsi

Blended Learning Dalam Matematika Sebagai Gagasan Pembelajaran Inovatif

XML

Blended Learning dalam Matematika sebagai Gagasan Pembelajaran InovatifKerenhapukh Nomleni (1501030019); Pembimbing I. Dr. Ch. K. Ekowati, M.Si;Pembimbing II. Dr. Damianus D. Samo, M.PdABSTRAKKajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Blended Learning dan implementasi Blended Learning serta menyajikan desain Blended Learning dalam pembelajaran matematika sebagai sebuah gagasan pembelajaran inovatif.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian pustaka, yang dilakukan dengan mengkaji berbagai artikel/jurnal. Artikel/jurnal yang dikaji merupakan artikel/jurnal penelitian original yang berkaitan dengan model pembelajaran Blended Learning dalam matematika sebagai gagasan pembelajaran inovatif dengan rentangan waktu penerbitan selama 10 tahun terakhir.Berdasarkan teori-teori yang telah dikaji, disimpulkan bahwa Blended Learning merupakan pembelajaran yang memadukan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran online dengan memanfaatkan teknologi sehingga pembelajaran dapat berlangsung kapan saja dan di mana saja serta dapat menunjang tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Hal ini menjadikan modelpembelajaran Blended Learning sangat tepat untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika sebagai gagasan pembelajaran inovatif karena sangat efektif dan efisien. Penerapan model Blended Learning dalam pembelajaran matematika terbukti sangat efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam pembelajaran matematika serta mampu meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, maupun psikomotorik siswa karena model Blended Learning memberikan peluang besar bagi siswa untuk belajar kapanpun dan dimanapun.Direkomendasikan agar dalam penelitian selanjutnya dapat dikembangkan model Blended Learning berbasis aplikasi/website pendukung lainnya dengan mengkaji lebih dalam mengenai Blended Learning serta apa saja yang mempengaruhinya, sehingga dapat melakukan pengajaran dengan model dan desain yang berbedabeda. Diharapkan dengan desain pembelajaran matematika yang inovatif, efektif dan efisien dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa.

Kata Kunci: Blended Learning, Pembelajaran Matematika Inovatif.


Detail Information

Item Type
Penulis
Kerenhapukh Nomleni - Personal Name
Student ID
1501030019
Dosen Pembimbing
Christine K Ekowati - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Nom B
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA