Skripsi
Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Negeri 3 Kupang Pada Masa Pandemi
XMLPenyebaran covid-19 yang begitu cepat dan masif di dunia termasuk Indonesia telah banyak mempengaruhi berbagai bidang kehidupan termasuk pendidikan. Oleh karena itu, agar proses pembelajaran tetap berlangsung selama masa pandemi ini diperlukan strategi untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di masa pandemi. Proses belajar secara online atau daring (dalam jaringan) menggunakan salah satu aplikasi yang dapat menunjang pembelajaran jarak jauh yaitu google classroom. Hal ini tentu menuntut siswa agar bersikap aktif dan kritis secara mandiri dalam mempelajari topik yang dikaji dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kupang dengan populasi seluruh siswa kelas XI jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Sampel yang diambil sebanyak 60 siswa. Dari hasil analisis terdapat pengaruh penggunaan google classroom terhadap kemandirian belajar ditunjukan pada hasil uji statistik nilai Fhitung = 5,74 > Ftabel= 2,76 dan nilai Sig. sebesar 0,002 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Tidak terdapat pengaruh secara signifikan penggunaan google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa, ditunjukan pada hasil uji statistik nilai Fhitung =2,59 < Ftabel= 2,76 dan sig. 0,61 > 0,05 sehingga H0 diterima. Terdapat pengaruh penggunaan google classroom terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar matematika siswa yang ditunjukan dengan hasil analisis statistik MANOVA diketahui nilai statistik uji Pillai’s Trace sebesar 0,618 dan nilai Fhitung = 8,341 > Ftabel = 2,18 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak. Serta Terdapat pengaruh antara kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa, ditunjukan pada hasil uji statistik regresi linear sederhana diketahui nilai ttabel= 2,00172 < thitung=22,138 sehingga H0 ditolak.
Kata Kunci : Manova, google classroom, kemandirian belajar, hasil belajar matematika siswa, Pillai’s Trace
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Inda Adriyeni Murni Banunaek - Personal Name
|
Student ID |
1501030026
|
Dosen Pembimbing |
Christine K Ekowati - 196409171990032001 - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji |
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Penguji 2
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Ban P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |