Pengaruh Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Kualitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

XML

ABSTRAK
Penerapan kuliah online dalam pelaksanaannya belum maksimal karena banyak mahasiswa keluhkan kesulitan-kesulitan saat kuliah online dimana nilai menurun saat kuliah online, mahasiswa kesulitan atau kurang jelas dalam memahami materi yang diberikan oleh dosen,banyaknya tugas yang diberikan, kuis daring terlalu rumit, UTS dan UAS daring kurang efektif dan rawan terjadi kecurangan dan nilai yang lebih rendah. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanasi (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Ekonomi sedangkan sampel berjumlah 84 orang mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi. Prosedur pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner dengan metode Simple Random sampling, kuisioner dibuat dalam bentuk google form atau google answer. Penyebaran dan pengisian kuisioner dilakukan secara daring disebarkan melalui media komunikasi seperti whatsapp, facebook dan instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi (thitung>ttabel atau 4,918>1,989). Jika kualitas pembelajaran daring(X) mengalami kenaikan satu satuan maka hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,164 atau sebesar 16,4%. pengaruh kualitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar termasuk dalam kategori lemah karena hanya sebesar 22,8% sedangkan sisanya 77,6% di pengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran daring berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiwa Pendidikan Ekonomi. Kata kunci: Kualitas, Pembelajaran Daring Dan Hasil Belajar


Detail Information

Item Type
Penulis
Nofri Arniyati Taosu - Personal Name
Student ID
1601080076
Dosen Pembimbing
Markus, Yewang - 196412231994031002 - Dosen Pembimbing 1
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Rolens E H Riwu Manu - 196101211988031001 - Ketua Penguji
MARKUS UMBU K. YEWANG - 196412231994031002 - Penguji 1
Jacob Abolladaka - 197202102006041002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87203
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Ekonomi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.03 Tao P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA