Pengaruh Penambahan Feed Additive (Kaito) Dalam Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Dan Kelulushidupan Ikan Nila (Oreocromis Niloticus)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Penambahan Feed Additive (Kaito) Dalam Pakan Buatan Terhadap Pertumbuhan Dan Kelulushidupan Ikan Nila (Oreocromis Niloticus)

XML

Ikan nila (Orechromis niloticus) merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang di temui di Indonesia. Ikan nila termasuk ikan yang mempunyai toleransi tinggi terhadap lingkungan, sehingga ikan nila dapat di pelihara di air tawar maupun air payau. Feed additive (kaito) merupakan bahan pakan tambahan yang diberikan pada ikan nila untuk meningkatkan produktivitas ikan. Feed additive (kaito) mengandung Nano Chitosan-Cu-Zn complex yang berfungsi sebagai imunostimulan dan growth promoter pada hewan. Feed addtive memiliki beberapa kelebihan yaitu : mempercepat pertumbuhan, meningkatkan kesehatan dan imunitas, memperbaiki FCR dan mengurangi insiden outbreak penyakit. Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah penambahan feed additive (kaito) dalam pakan buatan memberikan pengaruh yang baik pada pertumbuhan ikan nila (Orechromis niloticus)? (2) Apakah penambahan feed additive (kaito) dalam pakan buatan mempengaruhi kelulushidupan ikan nila (Orechromis niloticus)?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari lima perlakuan tiga ulangan. Hasil penelitian membuktikan : penambahan feed additive pada pakan buatan berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan dan kelulushidupan ikan nila dengan penambahan feed additive 1,2 gram dalam pakan buatan memberikan hasil yang baik terhadap pertmbuhan dan kelulushidupan ikan nila di banding dengan perlakuan lain yang diberi penambahan feed additive lebih sedikit.
Kata kunci : Pakan, Feed additive (kaito)


Detail Information

Item Type
Penulis
Uria Eventi Ludji Haba - Personal Name
Student ID
1613010022
Dosen Pembimbing
Ir. Felix Rebhung, M.Ag.,Ph.D - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
54243
Edisi
Published
Departement
Budidaya Perairan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.43 Hab P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA