Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher-order Thinking Skills (HOTS) Pada Buku Kurikulum 2013 Tingkat SMP

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher-order Thinking Skills (HOTS) Pada Buku Kurikulum 2013 Tingkat SMP

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan soal HOTS dalam buku teks matematika kurikulum 2013 tingkat Sekolah Menengah Pertama berdasarkan perbedaan jenjang Pendidikan, persamaan konten, dan jenjang pendidikan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan sumber data penelitian yang digunakan adalah buku teks matematika kurikulum 2013 tingkat Sekolah Menengah Pertama edisi revisi terbaru dari 3 penerbit yakni penerbit Kemdikbud, Erlangga, dan Platinum. Adapun analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode analisis konten (content analysis) dengan menggunakan indikator HOTS sebagai instrumen untuk mengklasifikasi soal-soal yang terdapat dalam buku teks yang digunakan sebagai sumber data penelitiaan.
Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa terdapat 8.232 butir soal yang dianalisisis dengan rincian 6.591 (80,06%) butir soal non HOTS dan 1.641 (19,93%) butir soal HOTS yang tersebar dalam tiap jenjang pendidikan yakni sebanyak 615 butir soal pada buku teks matematika kelas VII, 777 butir soal pada buku teks matematika kelas VIII dan 249 butir soal pada buku teks matematika kelas IX. Soal HOTS banyak terdapat pada konten bilangan dan geometri. Soal-soal non HOTS disajikan tanpa memuat ketiga indikator HOTS (menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta) yang merupakan aspek penting dalam penilaian soal HOTS. Soal-soal dalam buku teks matematika kurikulum 2013 tingkat Soal-soal yang terdapat dalam buku teks sebagian besar tergolong dalam soal non HOTS. Ini dikarenakan soal-soal yang disajikan dalam buku teks tersebut lebih banyak memuat rumus-rumus, tidak memuat soal dalam konteks kehidupan sehari-hari sehingga tidak memerlukan kemampuan penalaran, pemahaman, dan berpikir kritis siswa. Meskipun demikian dalam buku teks matematika juga perlu disajikan soal-soal HOTS dalam setiap konten sehingga membiasakan peserta didik dalam mengerjakan latihan soal-soal HOTS sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa serta menjadi terbiasa untuk melatih dirinya mengerjakan soal HOTS sehingga dapat menunjang keberhasilan proses belajar siswa.

Kata Kunci : Buku teks Matematika, Soal Higher-order Thinking skills (HOTS)


Detail Information

Item Type
Penulis
Sigismund Kurniawan Edo - Personal Name
Student ID
1701030063
Dosen Pembimbing
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Edo A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA