PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMPN 1 SULAMU

Detail Cantuman

Skripsi

PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMPN 1 SULAMU

XML

ABSTRAK

Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII SMPN 1 Sulamu

Cilvan I. J. Fanggidae (1701030040), Pembimbing I, Dr. Christine K. Ekowati, M.Si; Pembimbing II, Dr. Damianus Dao Samo, M.Pd

Penelitian dengan judul Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII SMPN 1 Sulamu bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Sulamu yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT dan TGT untuk materi persamaan garis lurus.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitiannya adalah pretest-postest non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sulamu Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri atas lima kelas. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sampel, yakni kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.
Analisis yang digunakan yaitu uji independent t-test (uji-t) dengan pooled varian yang menunjukkan bahwa t_hitung=0,87 dan t_tabel=1,68, sehingga -t_tabel≤t_hitung≤t_tabel. Hal ini berarti H_0 diterima yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT).

Kata kunci : Hasil Belajar, NHT, TGT


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701030040
Dosen Pembimbing
Penguji
Patrisius. A. Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Fan P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA