Skripsi
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DI KELAS VIII SMPN 1 SULAMU
XMLABSTRAK
Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII SMPN 1 Sulamu
Cilvan I. J. Fanggidae (1701030040), Pembimbing I, Dr. Christine K. Ekowati, M.Si; Pembimbing II, Dr. Damianus Dao Samo, M.Pd
Penelitian dengan judul Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dan Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Persamaan Garis Lurus di Kelas VIII SMPN 1 Sulamu bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Sulamu yang diajarkan dengan model pembelajaran NHT dan TGT untuk materi persamaan garis lurus.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitiannya adalah pretest-postest non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sulamu Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri atas lima kelas. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling diperoleh dua kelas sampel, yakni kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT.
Analisis yang digunakan yaitu uji independent t-test (uji-t) dengan pooled varian yang menunjukkan bahwa t_hitung=0,87 dan t_tabel=1,68, sehingga -t_tabel≤t_hitung≤t_tabel. Hal ini berarti H_0 diterima yang berbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan siswa yang diberi perlakuan model pembelajaran tipe Teams Games Tournament (TGT).
Kata kunci : Hasil Belajar, NHT, TGT
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Cilvan Ishan Julixbra Fanggidae - Personal Name
|
Student ID |
1701030040
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji |
Patrisius. A. Udil, M.Pd - 19930911 201903 1 020 - Ketua Penguji
|
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Fan P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |