Tesis
KEPUASAN KERJA RELAWAN BENCANA PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN ALOR
XMLMuhammad Fahmi Uba(1); Melkisedek N.B.C. Neolaka(2); Ajis Salim Adang Djaha(3); dengan judul penelitian Kepuasan Kerja Relawan Bencana Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Alor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: (1) Kepuasan kerja relawan bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Alor. (2) Faktor-faktor penyebab kepuasan kerja relawan bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Alor. (3) Dampak kepuasan kerja relawan bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Alor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive (dengan menggunakan pertimbangan tertentu). Penelitian ini sendiri dilaksanakan di Kabupaten Alor khususnya di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Alor. Fokus dalam penelitian ini adalah; (1) Kepuasan Kerja Relawan; (2) Faktor penentu kepuasan kerja relawan; (3) Dampak dari kepuasan kerja. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive (menggunakan pertimbangan tertentu). Sumber data bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman (2007) yaitu (1) Reduksi Data; (2) Penyajian Data; dan (3) Penarikan Kesimpulan. Teknik validasi hasil penelitian menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan kerja relawan bervariasi tergantung dari tipe relawan yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Alor. Tipe relawan di Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Alor dapat digolongkan menjadi dua tipe yaitu relawan tipe “Y” dan relawan tipe “X”. Relawan tipe “Y” adalah relawan yang suka menerima pekerjaan dan bertanggungjawab dalam penyelesaian pekerjaannya sementara relawan dengan tipe “X” adalah relawan yang tidak suka menerima pekerjaan dan cenderung tidak bertanggungjawab dalam penyelesaian pekerjaannya. Relawan Tipe “Y”, kepuasan kerjanya sudah pada tingkatan kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan aktualisasi diri. Sementara relawan dengan tipe “X” adalah relawan yang tingkat kepuasan kerjanya baru sampai pada tahapan kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, dan kebutuhan akan kasih sayang.
Detail Information
Item Type |
Tesis
|
---|---|
Penulis |
Muhammad Fahmi Uba - Personal Name
|
Student ID |
2011020048
|
Dosen Pembimbing |
Melkisedek N.B.C Neolaka - 196305191989011001 - Dosen Pembimbing 1
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr. Nursalam , M.Si - 196410091991031001 - Penguji 1
Dr. Hendrik Toda, M.Si - 198313042009121005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
63101
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Ilmu Administrasi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
631.01
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |