KEPUASAN KERJA RELAWAN BENCANA PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN ALOR

Detail Cantuman

Tesis

KEPUASAN KERJA RELAWAN BENCANA PADA BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH KABUPATEN ALOR

XML

Muhammad Fahmi Uba(1); Melkisedek N.B.C. Neolaka(2); Ajis Salim Adang Djaha(3); dengan judul penelitian Kepuasan Kerja Relawan Bencana Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Alor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: (1) Kepuasan kerja relawan bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Alor. (2) Faktor-faktor penyebab kepuasan kerja relawan bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Alor. (3) Dampak kepuasan kerja relawan bencana pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Alor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini ditentukan menggunakan teknik purposive (dengan menggunakan pertimbangan tertentu). Penelitian ini sendiri dilaksanakan di Kabupaten Alor khususnya di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Alor. Fokus dalam penelitian ini adalah; (1) Kepuasan Kerja Relawan; (2) Faktor penentu kepuasan kerja relawan; (3) Dampak dari kepuasan kerja. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive (menggunakan pertimbangan tertentu). Sumber data bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman (2007) yaitu (1) Reduksi Data; (2) Penyajian Data; dan (3) Penarikan Kesimpulan. Teknik validasi hasil penelitian menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan kerja relawan bervariasi tergantung dari tipe relawan yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Alor. Tipe relawan di Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Alor dapat digolongkan menjadi dua tipe yaitu relawan tipe “Y” dan relawan tipe “X”. Relawan tipe “Y” adalah relawan yang suka menerima pekerjaan dan bertanggungjawab dalam penyelesaian pekerjaannya sementara relawan dengan tipe “X” adalah relawan yang tidak suka menerima pekerjaan dan cenderung tidak bertanggungjawab dalam penyelesaian pekerjaannya. Relawan Tipe “Y”, kepuasan kerjanya sudah pada tingkatan kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan akan aktualisasi diri. Sementara relawan dengan tipe “X” adalah relawan yang tingkat kepuasan kerjanya baru sampai pada tahapan kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, dan kebutuhan akan kasih sayang.


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Muhammad Fahmi Uba - Personal Name
Student ID
2011020048
Dosen Pembimbing
Melkisedek N.B.C Neolaka - 196305191989011001 - Dosen Pembimbing 1
Ajis Salim Adang Djaha - 196404051990031004 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Nursalam , M.Si - 196410091991031001 - Penguji 1
Dr. Hendrik Toda, M.Si - 198313042009121005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63101
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
631.01
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA