Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TITL SMK Negeri 5 Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik Kelas X TITL SMK Negeri 5 Kupang

XML

ABSTRAK
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK KELAS X TITL SMK NEGERI 5 KUPANG Agustinus Bria* Dr. I Made Parsa, M.Pd ** Dr.Yetursance Y. Manafe,ST.MT *** Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Apakah dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Kupang, (2) Seberapa tinggi hasil belajar siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Kupang setelah diajar dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian PTK yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK Eksperimental.Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dengan subjek penelitiannya yaitu siswa kelas X TITL 3 SMK Negeri 5 Kupang dengan jumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa pada siklus I dapat diketahui yaitu siklus I terdapat nilai rata – rata (72) dengan nilai presentase ketuntasan (56%) dari 14 siswa yang berhasil mencapai ketuntasan belajar sedangkan terdapat 11 siswa (44%) yang belum mencapai ketuntusan belajar ini disebabkan oleh siswa yang belum terbiasa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Sedangkan untuk hasil belajar pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mencapai ketuntasan belajar terdapat 25 siswa dengan nilai rata - rata (86) dan nilai presentase ketuntasan siswa (100%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik dengan materi jenis – jenis kabel di kelas X TITL 3 SMK Negeri 5 Kupang. Berdasarkan analisis hasil belajar siswa pada siklus I sampai dengan siklus II yang mengalami peningkatan hingga mencapai indikator pencapaian kompetensi yaitu pada siklus I memperoleh nilai rata – rata siswa sebesar 72 dengan nilai presentase ketuntasan siswa sebesar 56% dan masuk pada kategori baik dan nilai rata – rata siswa meningkat menjadi 86 dengan nilai presentase ketuntasan siswa sebesar 100% dan masuk pada kategori baik pada siklus II.


Detail Information

Item Type
Penulis
AGUSTINUS BRIA - Personal Name
Student ID
1501130006
Dosen Pembimbing
I MADE PARSA - 196106181988031003 - Dosen Pembimbing 1
YETURSANCE YULSIANA MANAFE - 197906262005012003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Zet Yulius Baitanu - 197703232005011001 - Ketua Penguji
I Made Parsa - 196106181988031003 - Penguji 1
Yetursance Yulsiana Manafe - 197906262005012003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
20201
Edisi
Published
Departement
Teknik Elekto, FKIP
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.01 Bri P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA