Skripsi
Penggunaan Model Learning Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Gaya Gesek Di Kelas IV SD Negeri Maulafa Kupang ( Penelitian Tindakan Kelas )
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang gaya gesek melalui penggunaan model Learning Together. Penelitian dilakukan pada kelas IVB SD Negeri Maulafa Kupang dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan juga tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar yang diperoleh peserta didik yaitu 66,3 dengan persentase ketuntasan yang diperoleh I sebesar 40% dimana dari 30 peserta didik terdapat 12 orang yang nilainya ≥70 dan 18 peserta didik lainnya atau sebesar 60% tidak tuntas. Hasil ini mengalami peningkatan pada siklus II dengan persentase ketuntasan sebesar 90% dimana terdapat 27 peserta didik yang tuntas dan hanya terdapat 3 peserta didik (10%) yang tidak tuntas. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II adalah 79,17 dan telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu ≥70. Dengan demikian, penggunaan model Learning Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang gaya gesek di kelas IV SD Negeri Maulafa dapat dipakai di kalangan sekolah dasar. Kata kunci : Model Learning Together, hasil belajar
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Margaritha Kana - Personal Name
|
Student ID |
1501140008
|
Dosen Pembimbing |
TATY ROSIANA KOROH - 196210041988112001 - Dosen Pembimbing 1
Netty E.A. Nawa - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1 Gaspar Melo - 195806241987031002 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
86206
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
862.06 Kan P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |