Usaha Industri Gula Merah Lontar (Borassus Flabeliffer) Di Desa Suebela Kecamatan Rotetengahkabupaten Rote Ndao (Suatu Tinjauan Geografi)

Detail Cantuman

Skripsi

Usaha Industri Gula Merah Lontar (Borassus Flabeliffer) Di Desa Suebela Kecamatan Rotetengahkabupaten Rote Ndao (Suatu Tinjauan Geografi)

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1)Mengetahui Faktor - faktor apakah yang mendorong dan menghambat pengembangan usaha industri gula merah di Desa Suebela(2)Mengetahui proses produksi usaha industri gula merah di Desa Suebela. (3)Mengetahui upaya untuk mengembangkan usaha industri gula merah di Desa Suebela. Metode penelitian ini adalahkuantitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini terbagi dalam 5 kelompok pengrajin sebanyak 50 orang, pada penentuan responden di pilih dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yang tidak memberikan peluang atau kesempatan yang sama bagi setap unsur (anggota) sampel dengan metode sampling jenuh. Sampling jenuh atau istila lain dari sensus adalah semua anggota populasi di jadikan sampel (Sugiyono, 2013). Informan benar-benar mengetahui Proses produksi usaha industri gula merah di Desa Suebela dalam usaha industri gula merah. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam analisis data yaitu dengan menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) proses produksi usaha industri gula merah lontar di Desa Suebela dengan setiap responden mengusai teknik memasak/memproduksi gula merah lontar secara keseluruhan hingga mendapatkan hasil yang memuaskan.(2)faktor-faktor yang mendorong dan menghambat usaha industri gula merah adalah membantu ekonomi keluarga, mengisi waktu luang, memenuhi permintaan pasar, kurangnya modal dan bahan baku ; (3) upaya untuk mengembangkan uasaha industri gula merah lontar adalah setiap responden/kelompok industri mengikuti pelatihan agar lebihmenguasai teknik untuk usaha indutri gula merah lontar di Desa Suebela.

Kata kunci: Industri, Suebela, Gula merah lontar.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1501100019
Dosen Pembimbing
MIKAEL SAMIN - 196209181990031003 - Dosen Pembimbing 1
Sunimbar - 198901012019032025 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mikael Samin - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Sunimbar - 19890101201903025 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
PENDIDIKAN GEOGRAFI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 AMA U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA