Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Tingkat Stres Akademik Saat Pandemi COVID-19 Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Tingkat Stres Akademik Saat Pandemi COVID-19 Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran

XML

Tujuan : Mengetahui hubungan pembelajaran daring dengan tingkat stres akademik saat pandemi COVID-19 pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana.Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional yang dilakukan pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana dengan cara pengisian kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah responden 157 orang dari angkatan 2018, 2019 dan 2020 yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji koefisien Contigency.Hasil dan Pembahasan : Dari penelitian ini ditemukan bahwa dari 157 responden, terdapat 52,9% responden mengalami stres akademik, dan 47,1% responden tidak mengalami stres akademik Selain itu didapatkan hasil bahwa terdapat 51,6% responden mengalami pembelajaran daring yang sangat baik, dan 48,4% responden mengalami pembelajaran daring yang baik. Hasil uji bivariat menggunakaan uji koefisien Contigeny pada penelitian ini diperoleh hasil p=0,000 (p<0,05) yang menunjukkan adanya hubungan antara pembelajaran darig dengan tingkat stress akademik saat pandemi COVID-19 pada mahasiswa fakultas kedokteran.Kesimpulan : Semakin baik berlangsungnya pembelajaran daring maka semakin menurunnya tingkat stres akademik.
Kata kunci : Pembelajaran Daring, Tingkat Stres Akademik, Mahasiswa Kedokteran.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1808010085
Dosen Pembimbing
CONRAD LIAB HENDRICSON FOLAMAUK - 198810162018031001 - Dosen Pembimbing 1
Idawaty Trisno - 8800511019 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr.dr. Idawaty Trisno, M.Kes.,FISPH.,FISCM. - 8800511019 - Penguji 1
Nicholas Edwin Handoyo - 198003172008011005 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 Sau H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA