Skripsi
Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Tingkat Stres Akademik Saat Pandemi COVID-19 Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran
XMLTujuan : Mengetahui hubungan pembelajaran daring dengan tingkat stres akademik saat pandemi COVID-19 pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana.Metode : Metode penelitian yang digunakan adalah analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional yang dilakukan pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana dengan cara pengisian kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah responden 157 orang dari angkatan 2018, 2019 dan 2020 yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan uji koefisien Contigency.Hasil dan Pembahasan : Dari penelitian ini ditemukan bahwa dari 157 responden, terdapat 52,9% responden mengalami stres akademik, dan 47,1% responden tidak mengalami stres akademik Selain itu didapatkan hasil bahwa terdapat 51,6% responden mengalami pembelajaran daring yang sangat baik, dan 48,4% responden mengalami pembelajaran daring yang baik. Hasil uji bivariat menggunakaan uji koefisien Contigeny pada penelitian ini diperoleh hasil p=0,000 (p<0,05) yang menunjukkan adanya hubungan antara pembelajaran darig dengan tingkat stress akademik saat pandemi COVID-19 pada mahasiswa fakultas kedokteran.Kesimpulan : Semakin baik berlangsungnya pembelajaran daring maka semakin menurunnya tingkat stres akademik.
Kata kunci : Pembelajaran Daring, Tingkat Stres Akademik, Mahasiswa Kedokteran.
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Sarah Grace Neltji Wilhelmina Emmanuela Saudale - Personal Name
|
Student ID |
1808010085
|
Dosen Pembimbing |
CONRAD LIAB HENDRICSON FOLAMAUK - 198810162018031001 - Dosen Pembimbing 1
Idawaty Trisno - 8800511019 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Dr.dr. Idawaty Trisno, M.Kes.,FISPH.,FISCM. - 8800511019 - Penguji 1
Nicholas Edwin Handoyo - 198003172008011005 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
11201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Dokter
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
112.01 Sau H
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |