Skripsi
Peningkatan Hasil Belajar Materi Kolonialisme Dan Imperialisme Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quis Team Pada SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 RAIJUA
XMLPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkanhasil belajar siswa kelas XI IPS 2 melalui metode Active Learning Tipe Quis Team.Subjek penelitian ini siswa kelas XI IPS II SMA Negerei I Raijua. Pengambilandata melalui observasi hasil pra siklus, hasil siklus I dan hasil tes siklus II. Jenispenelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalamdua siklus, dimulai dengan identifikasi permasalahan yang ada dalam kelas denganmelakukan tindakan pra siklus. Tahap siklus I dimulai dengan perencanaan berupapenyusunan langkah-langkah pembelajarn melalui penerapan metode ActiveLearning Tipe Ques Tim, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis dan refleksiuntuk tindakan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes belajarsiswa pra siklus dengan nilai rata-rata 41,63, meningkat menjadi 65,93 setaradengan 36,67%, pada hasil belajar siswa siklus I dan hasil belajar pada siklus IImengalami peningkatan menjadi 85,87 setara dengan 93,33%. Dari hasil analisisdata menunjukan bahwa hasil belajar siswa terdapat peningkatan mencapai 93,33%ketuntasan atau lebih dari 70% sesuai dengan indikator pembelajaran. Dengandemikian penggunaan metode pembelajaran Active Learning Tipe Quis Team padamateri kolonialisme dan iperialisme yang diterapkan dikelas XI IPS 2 SMA NegeriI Raijua dinyatakan berhasil.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Aktif Learning Tipe Quis Team
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
KORNELIUS KANA BAKU - Personal Name
|
Student ID |
1601090146
|
Dosen Pembimbing |
DJAKARIAH - 196612051991031002 - Dosen Pembimbing 1
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Djakariah - 196612051991031002 - Ketua Penguji
Joni J. A. Ninu - 196506281993031002 - Penguji 1 Fransina.A. Ndoen - 198608022014042001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Sejarah
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.01 BAK P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |