PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA KALABAHI (Studi Kasus di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Alor)

Detail Cantuman

Tesis

PENERAPAN MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI KOTA KALABAHI (Studi Kasus di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Alor)

XML

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan dan menganalisis pembuatan atau perumusan strategi pengelolaan sampah di Kota Kalabahi; (2) menjelaskan dan menganalisis penerapan strategi pengelolaan sampah di Kota Kalabahi; (3 menjelaskan dan menganalisis kontrol terhadap strategi pengelolaan sampah di Kota Kalabahi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ditentukan dengan teknik purposive dan ditentukan dilaksanakan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Alor. Fokus penelitian ini adalah penerapan manajemen strategic dengan sub fokus penelitian yaitu: (1) Pembuatan strategi, (2) Penerapan strategi, (3) Evaluasi/ kontrol strategi. Informan ditentukan dengan teknik purposive sementara sumber data bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman (2007). Teknik validasi hasil penelitian yang digunakan yaitu teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembuatan strategi dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Alor dalam pengelolaan sampah perlu memperhatikan apa yang menjadi kekuatam, kelemahan, peluang, dan ancaman. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kekuatan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Alor saat ini adalah kuantitas pegawai dan motivasi kerja pegawai yang tinggi. Sementara yang menjadi kelemahan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Alor saat ini adalah keterbatasan anggaran dan minimnya sarana-prasarana pendukung operasional. Peluang saat ini yang dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Alor adalah telah dibangunnya Tempat Pembuangan Akhir baru dengan fasilitas pengelolaan sampah yang lebih mutakhir yang mampu memberikan lebih banyak pilihan inovasi pengelolaan sampah, selain itu juga masa penyusunan anggaran yang baru juga dapat menjadi peluang yang baik untuk meyakinkan stakeholder untuk memberikan mata anggaran bagi program Dinas Lingkungan Hidup. Sementara itu terdapat juga ancaman yang dihadapi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Alor diantaranya rendahnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat dalam membuang dan mengolah sampah, tumpang tindihnya struktur organsasi dalam pelaksanaan pengelolaan dan pengangkutan sampah, serta keselamatan para pekerja yang kurang diperhatikan.


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Obeth Bolang - Personal Name
Student ID
2011020049
Dosen Pembimbing
Prof. Dr. Aloysius Lilweri, MS - 195706191981031001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Prof. Dr. Aloysius Lilweri, MS - 195706191981031001 - Ketua Penguji
Melkisedek N.B.C. Neolaka - 196205191989011001 - Penguji 1
Nursalam - 196410091991031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63101
Edisi
Published
Departement
ILMU ADMINISTRASI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
631.01 Bol M
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA