PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI POWERDIRECTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 KUPANG TENGAH

Detail Cantuman

Skripsi

PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI POWERDIRECTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 KUPANG TENGAH

XML

Maria Paskalia Owa. 1701040043. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi PowerDirector Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Virus di Kelas X MIPA SMAN 1 Kupang Tengah. Skripsi. Program studi pendidikan Biologi. Dibimbing oleh Mbing Maria Imaculata dan Mario J. Santrum.
ABSTAK
Pengembangan video pembelajaran berbasis aplikasi PowerDirector pada materi virus untuk kelas X MIPA SMAN 1 Kupang Tengah, bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video dengan menggunakan aplikasi PowerDirector sebagai sumber belajar dalam memecahkan masalah pembelajaran dan mengetahui validitas media pada materi virus. Penelitian dilakukan di SMAN
1 Kupang Tengah pada tanggal 29 Januari 2022. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE dari Lee & Owes. Tahap model pengembangan meliputi 1. Tahap Analysis dilakukan analisis kebutuhan, analisis media, dan analisis materi pada matapelajaran biologi kelas X, 2. Tahap Design, tahap perancangan disign video pembelajaran yang akan dikembangkan, 3. Tahap Development, dilakukan oleh validator media dan validator materi kemudian dilakukan revisi untuk perbaikan produk berdasarkan
saran dan masukan dari kedua validator, 4. Tahap Implementation dilakukan dengan mengujicobakan media video pembelajaran pada peserta didik. Sedangkan untuk respon peserta didik akan dinilai oleh siswa SMAN 1 Kupang Tengah yaitu ujicoba skala terbatas dengan jumlah 20 orang siswa, 5. Tahap Evaluation dilakukan dari hasil ujicoba produk setelah melalui tahap ujicoba produk, produk
akan diukur kembali berdasarkan angkaet respon peserta didik. Hasil penilaian ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan yaitu media video pembelajaran berbasis aplikasi PowerDirector ini memiliki kategori “sangat baik” dengan presentase keseluruhan masing-masing 81% untuk materi dan 84% untuk media. Hasil uji respon siswa terhadap bahan ajar termasuk kategori “sangat baik” dengan presentasi 91,78%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata preetest adalah 28,6, sedangkan posttest adalah 86,9, sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis aplikasi PowerDirector materi virus untuk kelas X MIPA SMAN 1 Kupang Tengah layak digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, PowerDirector, Materi Virus


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA PASKALIA OWA - Personal Name
Student ID
1701040043
Dosen Pembimbing
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 1
Mario j. Santrum - 196405241992031002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Ketua Penguji
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 1
Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
84205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Biologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.05 Owa P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA