Skripsi
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI POWERDIRECTOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 KUPANG TENGAH
XMLMaria Paskalia Owa. 1701040043. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi PowerDirector Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Virus di Kelas X MIPA SMAN 1 Kupang Tengah. Skripsi. Program studi pendidikan Biologi. Dibimbing oleh Mbing Maria Imaculata dan Mario J. Santrum.
ABSTAK
Pengembangan video pembelajaran berbasis aplikasi PowerDirector pada materi virus untuk kelas X MIPA SMAN 1 Kupang Tengah, bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video dengan menggunakan aplikasi PowerDirector sebagai sumber belajar dalam memecahkan masalah pembelajaran dan mengetahui validitas media pada materi virus. Penelitian dilakukan di SMAN
1 Kupang Tengah pada tanggal 29 Januari 2022. Penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE dari Lee & Owes. Tahap model pengembangan meliputi 1. Tahap Analysis dilakukan analisis kebutuhan, analisis media, dan analisis materi pada matapelajaran biologi kelas X, 2. Tahap Design, tahap perancangan disign video pembelajaran yang akan dikembangkan, 3. Tahap Development, dilakukan oleh validator media dan validator materi kemudian dilakukan revisi untuk perbaikan produk berdasarkan
saran dan masukan dari kedua validator, 4. Tahap Implementation dilakukan dengan mengujicobakan media video pembelajaran pada peserta didik. Sedangkan untuk respon peserta didik akan dinilai oleh siswa SMAN 1 Kupang Tengah yaitu ujicoba skala terbatas dengan jumlah 20 orang siswa, 5. Tahap Evaluation dilakukan dari hasil ujicoba produk setelah melalui tahap ujicoba produk, produk
akan diukur kembali berdasarkan angkaet respon peserta didik. Hasil penilaian ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan yaitu media video pembelajaran berbasis aplikasi PowerDirector ini memiliki kategori “sangat baik” dengan presentase keseluruhan masing-masing 81% untuk materi dan 84% untuk media. Hasil uji respon siswa terhadap bahan ajar termasuk kategori “sangat baik” dengan presentasi 91,78%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa nilai rata-rata preetest adalah 28,6, sedangkan posttest adalah 86,9, sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis aplikasi PowerDirector materi virus untuk kelas X MIPA SMAN 1 Kupang Tengah layak digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan, PowerDirector, Materi Virus
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
MARIA PASKALIA OWA - Personal Name
|
Student ID |
1701040043
|
Dosen Pembimbing |
MBING MaRIA IMAKULATA - 196507251993032001 - Dosen Pembimbing 1
Mario j. Santrum - 196405241992031002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Mbing Maria Imakulata - 196507251993032001 - Ketua Penguji
MARIO J. SANTRUM - 1961405241992031002 - Penguji 1 Yusnaeni - 197502032000122001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Biologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.05 Owa P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |