Strategi Pembinaan Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Pada Panti ASuhan Roslin Matani Kecamatan KUpang Tengah Kabupaten Kupang

Detail Cantuman

Skripsi

Strategi Pembinaan Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Pada Panti ASuhan Roslin Matani Kecamatan KUpang Tengah Kabupaten Kupang

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembinaan nilai karakter tanggung jawab anak pada panti asuhan Roslin Matani kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang, untuk mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam strategi pembinaan nilai karakter tanggung jawab anak pada panti Asuhan Roslin Matani Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang, dan juga untuk mendeskripsikan efktivitas strategi pembinaan nilai karakter tanggung jawab anak pada panti asuhan Roslin Matani Kecamatan Kupang tengah Kabupaten Kupang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu sumber dari deskripsi yang luas dan berlandaskan kukuh, serta memuat penjelasan tentang proses-proses yang terjadi dalam lingkup setempat. Peneliti menggunakan teknik wawancara, teknik observasi, dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi pembinaan nilai karakter tanggung jawab anak pada Panti Asuhan Roslin Matani Kecamatan Kupang TengahKabupaten Kupang adalah sebagai berikut melalui (1) keteladanan, yaitu pembina/pengasuh selalu berusaha memberikan teladan yang baik bagi anak-anak panti asuhan. (2) pembiasaan, yaitu anak-anak sedini mungkin dibiasakan untuk bertanggung jawab melalui tugas-tugas yang diberikan. (3) komunikasi, yaitu pembina/pengasuh selalu berusaha membangun komunikasi yang baik antar sesama warga panti asuhan, demikian juga halnya dalam mensosialisasi nilai-nilai termasuk nilai karakter tanggung jawab. Melalui komunikasi ini segala peraturan baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis disosialisasikan. (4) nasihat atau teguran yaitu apabila ada anak yang melanggar peraturan dan melalaikan tugasnya diberikan nasihat dan mengarahkannya. (5) pemberian penghargaan (reward ) dan (6) hukuman (punishment ) yaitu untuk anak-anak yang berprestasi diberikan beberapa reward atau hadiah sebagai bentuk apresiasi atas keberhasilan anak, sebaliknya apabila ada anak yang dengan sengaja melanggar tata tertib/peraturan yang ada akan diberikan sanksi atau hukuman guna memberikan efek jera bagi anak. 2) upaya-upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan dalam strategi pembinaan tanggung jawab yaitu melalui pemberian latihan secara berkala, mengevaluasi perkembangan anak, berani memberikan kepercayaan melalui tugas penting,memberikan contoh sederhana akan manfaat dari karakter tanggung jawab, dan juga menambah dan memaksimalkan tenaga pembina dan pengasuh panti asuhan.3) strategi pembinaan nilai karakter tanggung jawab anak pada Panti Asuhan Roslin Matani Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang sudah efektif.
Kata Kunci : strategi, Nilai, Karakter, Tanggung Jawab, Efektivitas


Detail Information

Item Type
Penulis
MARIA SELVIANA SETIA - Personal Name
Student ID
1501070043
Dosen Pembimbing
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 1
Anif Istianah - 198812112019032013 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Ketua Penguji
Anif Istianah - 198812112019032013 - Penguji 1
Petrus Ly - 195912111986011001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87205
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 set s
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA