Skripsi
Makna Oko’ Mama’dalam Tradisi Komunikasi Sosial Atoin Méto di Kelurahan Niki-Niki Kecamatan Amanuban Tengah Kabupaten Timor Tengah Selatan
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna Oko’ Mama’ dalam Tradisi Komunikasi Sosial Atoin Méto di Kelurahan Niki-Niki.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yakni suatu analisi yang menggambarkan secara terperinci hasil-hasil yang ditemukan dilapangan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang telahada. Data yang dikumpulkan baik data primer maupun sekunder yang telah diperoleh dari lapangankemudian diolah kedalam bentuk kalimat yangbaikdan jelas sehingga mudah dipahami. Peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Tokoh Adat dan msyarakat Atoin Meto.
Hasil penelitian menunjukan makna Oko’ Mama’ dalam Tradisi Komunikasi Sosial Atoin Méto adalah wadah yang terbuat dari daun lontar yang berfungsi untuk menyuguhkan sirih pinang serta dijadikan oleh Atoin Méto tempat untuk menyimpan sirih pinang, kapur, bahkan uang terutama bagi kaum perempuan. Sebelum membicarakan sesuatu atau mengadakan suatu kegiatan, Atoin Méto menyuguhkan Oko’ Mama’ pada tamu atau lawan bicara. Kemudian setelah Oko’ Mama’ disuguhkan dan telah sama-sama memamah Oko’ Mama’ tersebut maka tujuan atau kegiatan tersebut bisa dimulai
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Lidia Febriani Benu - Personal Name
|
Student ID |
1601070055
|
Dosen Pembimbing |
Petrus Ly - 1959121119861002 - Dosen Pembimbing 1
Leonard Lobo - 195912311987021005 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Petrus Ly - 195912111986011001 - Ketua Penguji
LEONARD LOBO - 195912311987021005 - Penguji 1 Samuel Sabat - 195605151985031003 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
87205
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Ben M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |