Evaluasi Kesesuaian Sumberdaya Lahan Kering Beriklim Kering Acuan Geografi untuk Tanaman Jagung di Kelurahan Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

Detail Cantuman

Skripsi

Evaluasi Kesesuaian Sumberdaya Lahan Kering Beriklim Kering Acuan Geografi untuk Tanaman Jagung di Kelurahan Oesao, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

XML

Penelitian ini menggunakan karakteristik lahan kering. Karakteristik lahan kering, dievaluasi dengan menggunakan empat parameter, sebagai berikut. Pertama, beberapa parameter bentuklahan, seperti: kemiringan lereng, ketinggian tempat, tingkatan erosi yang telah terjadi. Kedua, beberapa parameter batuan atau bahan kasar di permukaan lahan kering, seperti: kerikil, kerakal, batu lepas, bahan atau material tersingkap. Ketiga, beberapa parameter tanah, seperti: tekstur, permeabilitas, drainase, struktur, kedalaman efektif, erodibilitas, pH tanah, salinitas tanah. Keempat, beberapa parameter iklim: curah hujan, temperatur, kelembaban udara. Kelima, beberapa parameter tata air, seperti: ancaman banjir atau genangan air, volume air yang digunakan untuk menyiram jagung. Penelitian adalah penelitian evaluasi, yaitu suatu prosedur ilmiah yang sistematis, dilakukan untuk meengumpulkan data dan informasi tentang bekerjanya sesuatu, selanjutnya data dan informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan (Afrizal, 2014). Dalam penelitian ini, model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Model evaluasi CIPP dipilih karena aspek yang ditinjau dalam model penelitian ini dianggap lebih komprehensif. Ada empat aspek evaluasi dalam model CIPP, yaitu (1) evaluasi context yang meliputi karakteristik kualitas sumberdaya lahan kering: (2) evaluasi input yang meliput parameter harkat keserasian sumberdaya lahan kering beriklim kering; (3) evaluasi proses yang meliputi parameter kelas kesesuaian atau keserasihan lahan kering untuk tanaman jagung dengan teknik matching, yaitu mencocokkan antara karakteristik penggunaan lahan kering dengan syarat tumbuh optimal tanaman jagung; (4) evaluasi produk, evaluasi keserasian lahan kering aktual dengan tumbuh
optimal tanaman jagung acuan geografi.
Kata Kunci : Kesesuaian Lahan, Lahan Kering, Karak teristik Sumber daya Lahan


Detail Information

Item Type
Penulis
Tomy Efendi Nangi - Personal Name
Student ID
1501100046
Dosen Pembimbing
Penguji
Mikael Samin - 196209181990031003 - Ketua Penguji
Hamza H. Wulakada - 198107032009121002 - Penguji 1
Natalia Adel H. N Mari - 199307272019032029 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.02 Nan E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA