Skripsi
Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher-Order Thingking Skill
XMLPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kesalahan Siswa SMP Dalam Meyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher-Order Thinking Skill .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu review artikel yang dilakukan dengan mengkaji berbagai artikel atau jurnal penelitian original yang berkaitan dengan Kesalahan Siswa SMP Dalam Meyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher-Order Thinking Skill dengan rentangan waktu penerbitan selama 10 tahun terakhir. Berdasarkan sepuluh artikel atau jurnal yang telah dikaji, disimpulkan bahwa dalam kesalahan membaca siswa tidak melakukan kesalahan membaca, Dalam kesalahan memahami, sebagian besar siswa mampu memahami soal dengan baik. Dalam kesalahan transformasi siswa belum mampu untuk mentransformasikan penyelesaian dengan baik dan benar, karena siswa masih memberikan penyelesaian yang tidak sesuai, menggunakan operasi yang kurang tepat, dan memberikan kesimpulan yang tidak sesuai sehingga dapat di simpulkan bahwa siswa masih melakukan kesalahan pada kesalahan transformasi. Dalam kesalahan keterampilan proses, siswa masih melakukan kesalahan karena adanya kesalahan dalam mentransformasikan jawaban. Direkomendasikan agar dalam penelitian selanjutnya mengenai Kesalahan Siswa SMP Dalam Meyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher-Order Thinking Skill harus banyak dilakukan di berbagai daerah agar dapat menjadi referensi bagi pemerintah dalam mengembangkan atau memperbaiki sistem pendidikan yang ada di Indonesia serta memberikan gambaran kepada guru mengenai kesulitan dan hambatan siswa jika dihadapkan pada Tes Kemampuan matematika tipe HOTS sehingga dapat diperhatikan dalam proses pembelajaran sehari-hari.
Kata Kunci: Higher-Order Thinking Skill
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Agustinus Hironimus Guterres - Personal Name
|
Student ID |
1501030040
|
Dosen Pembimbing |
Patrisius Afrisno Udil - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Gut A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |