Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan (pada Resto Dapur Nekamese Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Pelanggan (pada Resto Dapur Nekamese Kupang)

XML

Di dalam usaha jasa akomodasi restoran, pemasaran jasa merupakan salah satu faktor terpenting bagi pemenuhan kebutuhan dan keinginan pengunjung yang datang. Untuk menarik pengunjung atau pengguna jasa restoran, membutuhkan upaya maksimal dan konsep yang baik, agar pengunjung dapat memilih restoran yang dipandangnya dapat memberi kepuasan, serta dapat menyediakan apa yang menjadi kebutuhannya. Sebab jika tidak maka pengunjung dapat mencari alternatif lain yang sejenisnya yang dapat memenuhi kebutuhannya. Salah satu upaya untuk menarik minat pengunjung tersebut adalah melalui bauran pemasaran jasa. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatif dengan pendekatan survey untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan pada Resto Dapur Nekamese Kupang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuisioner, wawancara, dan studi dokumen. Sampel pada penelitian ini adalah pelangga yang mengunjungi Resto Dapur Nekamese Kupang sekurangkurangnya 2 kali, dan diambil sampelnya sebanyak 100 orang. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji T. Pengujian hipotesis menggunakan uji F menunjukkan bahwa ketujuh variabel independen yaitu, Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), Promosi (X4), Orang (X5), Proses (X6) dan Bukti Fisik (X7), memang layak untuk menguji variabel dependen Kepuasan pelanggan (Y). Kemudian melalui uji T dapat diketahui bahwa keempat variabel independen yang diteliti yaitu Produk (X1), Harga (X2), Tempat (X3), dan Bukti Fisik (X7), positif dan signifikan terhadap variabel dependen Kepuasan pelanggan (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85,9% variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel bauran pemasaran jasa. Sedangkan sisanya 24,1% variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Disarankan bagi Resto Dapur Nekamese untuk kedepannya memperhatikan unsur-unsur berwujud seperti material promosi, karyawan perusahaan serta pemilik perusahaan yang ada agar membantu produk jasa agar lebih berwujud bagi pelanggan. Kata Kunci: Produk, Harga, Tempat, Promosi, Orang, Proses, Bukti Fisik, dan Kepuasan pelanggan.


Detail Information

Item Type
Penulis
Johan Herton Cornelis - Personal Name
Student ID
1603020147
Dosen Pembimbing
ABAS KASIM - 196004141988031008 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Abas Kasim - 196004141988031008 - Ketua Penguji
Anthonius B Mesakh - 196208061988031002 - Penguji 1
Juita L.D. Bessie - 198410142010122006 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63211
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Bisnis
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.11 Cor P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA