Skripsi
Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Menggunakan Metode Menggambar Partisipatif pada Anak Sekolah Dasar di Kawasan Kumuh Tempat Pembuangan Akhir Alak Kupang
XMLPendidikan merupakan salah satu aspek penting bagi kehidupan manusia yang mampu mendukung pembangunan dimasa mendatang. Salah satu hal yang penting dalam upaya mengoptimalkan pendidikan seorang anak pada tingkat sekolah dasar adalah dengan menyediakan media pembelajaran dan memperhatikan penggunaan media pembelajaran dalam ruang belajar anak, hal ini dimaksud agar pembelajaran yang berlangsung dapat berjalan efektif. Namun saat ini masih ditemukan pembelajaran yang belum berjalan efektif di beberapa ruang belajar, salah satunya di Rumah Singgah Alak yang menjadi ruang belajar informal bagi anak-anak yang bertempat tinggal di kawasan kumuh tempat pembuangan akhir (TPA) Alak Kupang. Hal ini berkaitan dengan penyediaan dan penggunaan media pembelajaran di ruang belajar tersebut yang belum optimal. Kondisi dan situasi ini tentunya memberikan pengaruh psikologis bagi anak sekolah dasar yang bertempat tinggal di kawasan kumuh TPA Alak Kupang terutama dalam proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penggunaan media pembelajaran pada anak sekolah dasar di kawasan kumuh TPA Alak Kupang dan mendeskripsikan dinamika psikologis dibalik efektivitas penggunaan media pembelajaran. Penelitian merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian menggambar partisipatif disertai dengan wawancara semi-terstruktur. Penelitian ini dilakukan di kawasan kumuh TPA Alak Kupang, tepatnya di Rumah Singgah Alak. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang merupakan anak usia sekolah dasar dengan rentang usia 7-11 tahun yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil penelitian dijabarkan dalam empat tema utama yakni efektivitas media pembelajaran bagi anak, emosi anak selama penggunaan media pembelajaran, tantangan yang dihadapi anak dalam penggunaan media pembelajaran, aktivitas akademik anak berkaitan dengan penggunaan media pembelajaran. Tema-tema tersebut juga terdiri dari beberapa subtema yang menjadi bagian dari tema tersebut.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Dinamika Psikologis, Anak Sekolah Dasar, Menggambar Partisipatif
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Maria Theresa Dawan Mukin - Personal Name
|
Student ID |
1607020007
|
Dosen Pembimbing |
INDRA YOHANES KILING - 198706192018031001 - Dosen Pembimbing 1
DIANA AIPIPIDELY - 197711152003122002 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Indra Yohanes Kiling - 198706192018031001 - Ketua Penguji
Diana Aipipidely - 197711152003122002 - Penguji 1 Marylin Susanti Junias - 197312112001122001 - Penguji 2 |
Kode Prodi PDDIKTI |
73201
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Psikologi
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
872.05 Muk A
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |