Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perambahan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Diklat Sisimeni Sanam

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Faktor-Faktor Penyebab Perambahan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Diklat Sisimeni Sanam

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab perambahan hutan yang terjadi di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Diklat Sisimeni Sanam, faktor dominan penyebab perambahan serta rancangan solusi dalam mengatasi masalah perambahan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode non probability sampling terhadap dua kelompok informan yakni masyarakat biasa dan pihak pengelolah. Teknik pengambilan sampel untuk masyarakat biasa menggunakan metode snowball sampling sementara untuk pihak pengelolah menggunakan metode purposive sampling.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat delapan faktor penyebab perambahan di KHDTK Sisimeni Sanam, yakni faktor ekonomi, faktor kesuburan tanah dan keterbatasan luas lahan, faktor pendidikan dan pengetahuan, faktor konflik tenurial, adanya sponsor perambah, faktor kecemburuan dan rasa tidak puas masyarakat, keterbatasan petugas, dan pelaksanaan sanksi hukum. Tiga faktor dominan penyebab perambahan di KHDTK Sisimeni Sanam adalah faktor ekonomi, faktor kesuburan tanah dan keterbatasan luas lahan, dan faktor konflik tenurial dengan. Rumusan solusi terhadap masalah perambahan ini adalah meningkatkan kerjasama dan kolaborasi bersama masyarakat dalam mengelola lahan dalam kawasan, dilakukan sosialisasi secara rutin dan intens kepada semua anggota masyarakat, pendampingan dan pengaturan pola tanam lahan masyarakat dalam kawasan, melakukan pendataan secara lengkap dan jelas atas masyarakat yang tinggal dalam kawasan, perlu adanya apresiasi/penghargaan kepada masyarakat yang menjaga dan melindungi kawasan, menambah jumlah petugas pengaman atau meningkatkan jumlah anggota masyarakat sebagai pengaman di masing-masing desa, pengoptimalan pengelolaan lahan dengan system agroforestri, dan pembuatan regulasi dari pihak desa berupa Peraturan Desa (perdes).
Kata kunci: Perambahan Hutan; Faktor Penyebab Perambahan; Faktor Doinan Perambahan; Solusi Perambahan; Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK)


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1704070027
Dosen Pembimbing
Wilhelmina Seran, S.Hut., M.Si - 1982010120060042001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Wilhelmina Seran - 198201012006042001 - Ketua Penguji
Astin Elise Mau - 198708072015042002 - Penguji 1
Nixon Rammang - 198009202006041002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
54251
Edisi
Published
Departement
Kehutanan
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
542.51 Ser A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA