Persepsi Orang Tua Tentang Nilai Anak Putus Sekolah di Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (Studi kasus pada jenjang SMA Negeri tahun 2018, 2019, 2020, 2021)

Detail Cantuman

Tesis

Persepsi Orang Tua Tentang Nilai Anak Putus Sekolah di Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (Studi kasus pada jenjang SMA Negeri tahun 2018, 2019, 2020, 2021)

XML

ABSTRAK

PERSEPSI ORANG TUA TENTANG NILAI ANAK PUTUS SEKOLAH
DI WILAYAH KECAMATAN KUPANG TIMUR, KABUPATEN KUPANG, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR
(STUDI KASUS SMA NEGERI TAHUN 2018, 2019, 2020, 2021)

Oleh : Yandri Nitanel Elia
Dibimbing oleh: Prof. Dr. Alo Liliweri, M.Si, dan Dr. M.N.B.C. Neolaka, M.Si.

Latar belakang penelitian ini adalah adanya berbagai fenomena pendidikan yang belum terselesaikan, di antaranya: (1) masalah partisipasi/kesempatan memperoleh pendidikan, (2) masalah efisiensi pendidikan, (3) masalah efektivitas pendidikan, dan (4) masalah relevansi pendidikan. Berbagai persoalan pendidikan yang ada mengakibatkan anak-anak putus sekolah. Persoalan anak putus sekolah menjadi tren negatif yang terus mengalami peningkatan setiap tahun. Jika hal ini dibiarkan, akan lebih banyak lagi anak-anak yang putus sekolah ke depan. Karena itu, hal ini perlu mendapatkan perhatian dari semua pihak, agar ke depan persoalan anak putus sekolah di wilayah Kecamatan Kupang Timur dapat dituntaskan.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi, nilai anak, faktor penyebab anak putus sekolah, dan kebijakan pemerintah sebagai grand teory yang menjadi dasar pijak penulis melihat bagaimana persepsi orang tua tentang nilai anaknya, faktor yang menyebabkan anak putus sekolah, dan kebijakan pemerintah dalam menuntaskan anak-anak putus sekolah di wilayah Kecamatan Kupang Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik penelitiannya adalah observasi, wawancara, dan studi literatur atau studi pustaka dengan lokasi penelitian di wilayah Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (Studi kasus SMA Negeri Tahun 2018, 2019, 2020, 2021). Hasil temuan penelitian ini terlihat bahwa: 1) Nilai anak anak putus sekolah menurut persepsi orang tua adalah nilai psikologis, ekonomis, sosial, dan budaya. 2) Faktor-faktor yang menyebabkan anak putus sekolah adalah faktor internal (pergaulan bebas dan rendahnya minat anak untuk sekolah) dan faktor eksternal (ekonomi, perhatian orang tua, budaya dan sejarah, dan lokasi sekolah). 3) Kebijakan pemerintah dalam mengentaskan anak putus sekolah adalah melalui pemberian bantuan dana, melalui program non formal, wajib belajar 12 tahun, gotong royong, dan menyediakan akses layanan pendidikan dan zonasi.
Dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perlu adanya kesadaran semua pihak dalam memperhatikan pendidikan anak. Mulai dari orang tua, masyarakat sekitar, pemerintah desa, gereja/lembaga agama, sekolah, pemerintah, dan LSM. Semua pihak ini harus secara bergotong royong memperhatikan pendidikan anak. Penulis juga memberikan rekomendasi bagi penelitian lanjutan: 1) Peran sekolah dalam mengentaskan anak putus sekolah. 2) Dampak pemberian sanksi bagi anak yang putus sekolah. 3) Mengukur pencapaian wajib belajar 12 tahun dan dampaknya bagi masyarakat.

Kata Kunci: Persepsi nilai anak, faktor penyebab, kebijakan


ABSTRACT
“PARENTS' PERCEPTIONS ABOUT VALUES OF CHILDREN WHO DROPPED OUT OF SCHOOL IN KUPANG TIMUR DISTRICT, KUPANG REGENCY, NUSA TENGGARA TIMUR PROVINCE
(CASE STUDY AT SMA NEGERI 2018, 2019, 2020, 2021)”.

By: Yandri Nitanel Elia
Supervised by: Prof. Dr. Alo Liliweri, M.Si, and Dr. M.N.B.C. Neolaka, M.Si.

The background of this research is various unresolved educational phenomena, including: (1) problems of participation/opportunity to obtain education, (2) problems of educational efficiency, (3) problems of educational effectiveness, and (4) problems of educational relevance. Various educational problems that exist resulted in children dropping out of school. The problem of children dropping out of school is a negative trend that continues to increase every year. If this is allowed, more children will drop out of school in the future. Therefore, researchers are interested in conducting research related to Parents' Perceptions About the Values of Dropouts.
The theory used in this study is perception, children's values, factors causing school dropouts, and government policies in the district of East Kupang. The research method used in this study uses descriptive research methods with a qualitative approach and the research techniques are observation, interviews and literature studies or literature studies with research locations in the East Kupang District, Kupang Regency, East Nusa Tenggara province (Case Study of SMA Negeri 2018, 2019, 2020, 2021). The findings of this study show that: 1) The values of children for parents are psychological, economic, social values, and culture. 2) Factors that cause children to drop out of school are: internal factors (free association and children's low interest in school), external factors (economics, parental attention, culture and history, and location or location of schools. 3) Government policies in alleviating dropouts are through the provision of financial assistance, through non-formal programs, 12-year compulsory education, mutual cooperation, and providing access to education and zoning services.
The results of this study can be said that there needs to be awareness of all parties in paying attention to children's education. Starting from parents, surrounding communities, village government, churches/religious institutions, schools, government, and LSM. All these parties must work together to pay attention to children's education.
Keywords: Perception of children's values, Causing factors, Policy


Detail Information

Item Type
Tesis
Penulis
Yandri Nitanel Elia - Personal Name
Student ID
2011020033
Dosen Pembimbing
MELKISEDEK N B C NEOLAKA - 196205191989011001 - Dosen Pembimbing 1
Aloysius Liliweri - 195706191981031001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Tans Feliks - 196307111988031003 - Ketua Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
63001
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi
Kontributor
WILLIAM DJANI - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
662.123 eli p
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA