Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Probing-Promting Pada Siswa Kelasx Di Sma Negeri Nunkolo

Detail Cantuman

Skripsi

Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Probing-Promting Pada Siswa Kelasx Di Sma Negeri Nunkolo

XML

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa tentang berpikir sejarah dengan penerapan model pembelajaran Probing-Promting bagi siswa kelas x di SMA Negeri Nunkolo dengan menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas. Pendidikan merupakan suatu proses yang dilakukan secara berkelanjutan guna meningkatkan kecerdasan dan ketrampilan peserta didik, dalam mengembangkan potensi, berupa pengetahuan, ketrampilan,sikap, perubahan perilaku dalam belajar. Hasil belajar sejarah siswa SMA Negeri Nunkolo masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain guru menggunakan metode belajar secara monoton/ konvensional. Faktor lain dari siswa yaitu motivasi belajar siswa sangat rendah. Guru hendaknya memilih metode yang tepat sehingga merangsang siswa untuk lebih aktif dalam kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah tentang berpikir sejarah bagi siswa perlu menggunakan model pembelajaran Probing-Promting. Dengan menggunakan pembelajaran Probing-Promting hasil pembelajaran dapat meningkat. Siswa dapat bekerja sama dalam mengidentifikasi masalah, merencanakan, melaksanakan, memaparkan dan mengevaluasi. Berdasarkan hasil keseluruhan tersebutdapat diketahui bahwa penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa adanya peningkatan yang dapat di lihat dari presentase keberhasilan belajar yaitu pra siklus 52%, pada siklus I 92% , lalu meningkat pada siklus II yaitu 100%. Sehingga dengan menggunakan model pembelajaran Probing-Promting pembelajaran lebih menyenangkan, kreatif, aktif, dan tidak membosankan. Sedangkan hasil observasi menunjukan bahwa pada siklus I aktivitas siswa mencapai 76% dan kinerja guru mencapai 92%. Pada siklus II nilai observasi siswa meningkat menjadi 93% dan observasi kinerja guru mencapai 99% . Dengan demikian untuk memperoleh hasil belajar yang baik, maka perlu menggunakan model pembelajaran Probing-Promting dalam pembelajaran sejarah tentang berpikir sejarah.Kata Kunci: Belajar, Hasil belajar, Model Pembelajaran Probing-Promting,Pembelajaran Sejarah.


Detail Information

Item Type
Penulis
kristianti kase - Personal Name
Student ID
1601090029
Dosen Pembimbing
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 19861029201903008 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Andreas Ande - 196210101989031004 - Ketua Penguji
I GEDE WAYAN WISNUWARDANA - 198610292019031008 - Penguji 1
MALKISEDEK TANEO - 196704021994031003 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Sejarah
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.01 KASE U
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA