Penerapan Self Regulated Learning (SRL) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X A SMA Negeri 3 Kupang Timur Tahun Ajaran 2020/2021

Detail Cantuman

Skripsi

Penerapan Self Regulated Learning (SRL) dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X A SMA Negeri 3 Kupang Timur Tahun Ajaran 2020/2021

XML

Fokus penelitian ini adalah bagaimana menerapkan model Self Regulated Learning dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X A SMA Negeri 3 Kupang Timur Tahun Ajaran 2020/ 2021. Sejalan dengan masalah yang diteliti maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerpan model Self Regulated Learning dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X A SMA Negeri 3 Kupang Timur Tahun Ajaran 2020/2021. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar konstruktivisme dan metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat faktor penghambat, solusi dan manfaat penerapan Self Regulated Learning dalam Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X A SMA Negeri 3 Kupang Timur. Faktor penghambat tersebut seperti dua siswa dengan kode peserta BJT dan MDS masih belum bisa menganalisa materi dan tujuan pembelajaran, saat berdiskusi dalam kelompok satu siswa dengan kode peserta FBL sama sekali tidak ikut berpartisipasi dalam menyumbangkan ide. Satu siswa dengan kode peserta FAK terlihat pasif dan pemalu, dua siswa dengan kode peserta MEM dan MRP menyibukan diri dengan hal-hal yang lain diluar pembelajaran seperti saling curhat dengan teman sebelah, dua siswa dengan kode peserta NK dan AT belum mampu mengonstruksi atau mengatur cara belajarnya sendiri. Hal tersebut sangat berdampak pada nilai yang diperoleh siswa. Setelah guru mencoba menerapakan solusi untuk mengatasi kendala yang ditemukan selama proses pembelajaran, terdapat 8 siswa yang mengalami kendala dari kedelapan siswa tersebut 5 diantaranya belum mencapai KKM, sedangkan 3 lainya telah mencapai KKM meskipun dalam kategori cukup. Dari 25 siswa yang diteliti 20 siswa telah mencapai KKM yang telah ditentukan dan 5 siswa lainya belum mencapai KKM, hal ini membuktikan presentasi penerapan model pembelajaran Self Regulated Learning baru mencapai 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerpan model pembelajaran Self Regulated Learning bisa digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X . Kata Kunci: Model Self Regulated Learning, Menulis, dan Teks Eksposisi


Detail Information

Item Type
Penulis
Yohana K. Dadu - Personal Name
Student ID
1601010026
Dosen Pembimbing
MARGARET PULA ELISABETH DJOKAHO - 198103012008122002 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Hendrikus Jehane - 195712311987021023 - Ketua Penguji
Margaret Pula Elisabeth Djokaho - 198103012008122002 - Penguji 1
Alex Djawa - 196108051993031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
88201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
882.01 Dad P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA