Partisipasi Masyrakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Perdesaan Tahun 2019 Di Desa Nifuleo, Kecamatan Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan

Detail Cantuman

Skripsi

Partisipasi Masyrakat Dalam Pembangunan Infrastruktur Perdesaan Tahun 2019 Di Desa Nifuleo, Kecamatan Amanatun Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan

XML

Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1)Mengetahui bentuk - bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur perdesaan. (2)Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur perdesaan. (3)Mengetahui implementasi pembangunan infrastruktur yang melibatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan infrastruktur perdesaan yang dibangun.
Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dengan jumlah sempel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 23 responden, pada penentuan responden di pilih dengan menggunakan teknik purposivle yaitu pemilihan sekelompok subyek yang didasarkan dengan ciri-ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah di ketahui. Penentuan sampel kepala keluarga secara probabilitas jenis rancangan yang digunakan adalah rancangan penelitian kualitatif. Rancangan penelitian kualitatif adalah proses yang terinci dan terspesifik mengenai cara memperoleh, menganalisis, dan menginterpretasi data. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam analisis data yaitu dengan menggunakan analisisi data kualitatif interpretatif.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1)Ada 3 (Tiga) bentuk partisipasi masyarakat Desa Nifuleo dalam pembangunan yaitu partisipasi dalam bentuk ide/pemikiran (non fisik), materi (barang), dan partisipasi secara langsung (tenaga/fisik). (2)Faktor-faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung : kesadaran/kemauan dan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi sedangkan, faktor penghambat: faktor internal yaitu, usia, pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan, faktor eksternal yaitu, kepemimpinan dan komunikasi. (3)Program pembangunan yang dilaksanakan di Desa Nifuleo pada tahun 2019 adalah pembangunan jalan baru (sertu), pembangunan embung, dan pembangunan posyandu. Program-program pembangunan tersebut dilaksanakan dan diimplementasikan di Desa Nifuleo dengan harapan bisa membawa suatu perubahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Nifuleo.

Kata kunci: Partisipasi, Nifuleo, Pembanguna Infrastruktur Perdesaan


Detail Information

Item Type
Penulis
Obaja Tabun - Personal Name
Student ID
1501100050
Dosen Pembimbing
Penguji
Muhammad Husain Hasan, S.Pd, M.Pd. - 198806022019031012 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
87202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Geografi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
872.05 Kue S
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA