Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divison (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teknik Pengelasan Busur Manual (SMAW) KELAS X TP SMK NEGERI 1 KUPANG BARAT

Detail Cantuman

Skripsi

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divison (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teknik Pengelasan Busur Manual (SMAW) KELAS X TP SMK NEGERI 1 KUPANG BARAT

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa secara kognitif dan proses pembelajaran pada siswa kelas X TP di SMK Negeri 1 Kupang Barat. Upaya peningkatan hasil belajar tersebut dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas X TP dengan jumlah 23 siswa. Objek penelitian adalah hasil belajar siswa pada materi teknik pengelasan busur manual (SMAW) melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data delakukan dengan tes dan observasi. Tes yang
digunakan yaitu tes kognitif melalui siklus1 dan siklus 11. Observasi dilakukan untuk mengamati sika dan aktifitas siswa serta guru selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan pedoman observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat sebelum melakukan pembelajaran pada siklus 1 (pertama) siswa diberikan soal siklus 1 dengan memperoleh hasil sebesar 8 orang (34,78 %) yang mencapai KKM (≥ 75), dan 15 orang (62,21%) belum mencapai dari jumlah siswa 23 orang. Kemudian setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada silkus II (dua) diakhir pelajaran siswa diberikan soal siklus 11, 21 orang (91,30 %) yang mencapai KKM dan 2 orang (8,6%) belum KKM sehingga dilakukan remedial tersendiri. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat meninggkatkan hasil belajar siswa pada materi teknik pengelasan busur manual (SMAW) kelas X TP Tahun Ajaran 2021/2022.


Detail Information

Item Type
Penulis
DESIA MARSI KOFAN - Personal Name
Student ID
1501120002
Dosen Pembimbing
EDY SUPRAPTO - 196601111993031002 - Dosen Pembimbing 1
FAHRIZAL - 196908081994031003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Edy Suprapto - 196601111993031002 - Ketua Penguji
Fahrizal - 196908081994031003 - Penguji 1
Wofrid E. Bianome - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
21201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Teknik Mesin
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
832.03 Kof I
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA