KOMUNIKASI PENDIDIKAN PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Kasus Tentang Komunikasi Guru dan Siswa dalam Menanamkan Budaya Kedisiplinan di SMA Negeri 2 Nekamese-Kab.Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

KOMUNIKASI PENDIDIKAN PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (Studi Kasus Tentang Komunikasi Guru dan Siswa dalam Menanamkan Budaya Kedisiplinan di SMA Negeri 2 Nekamese-Kab.Kupang)

XML

ABSTRAK
Yatni Delila Bana. 150350058. “ Komunikasi Pendidikan pada Sekolah Menengah Atas” (Studi Kasus Tentang Komunikasi Guru dan Siswa dalam Menanamkan Budaya Kedisiplinan di SMA Negeri 2 Nekamese-Kab. Kupang). Pembimbing I : Dr. Petrus Ana Andung, S. Sos., M. Si. Pembimbing II Maria Yulita Nara, S. Sos., M. I. Kom. Terdiri dari 122 halaman isi, 25 buku referensi, 2 karya ilmiah dan 7 jurnal.
Penelitian ini telah dilakukan di SMA Negeri 2 Nekamese-Kab. Kupang pada bulan April 2021.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui serta memetakan komunikasi yang terbangun antara guru dan siswa dalam konteks menanamkan budaya kedisiplinan dan mengetahui serta memetakan komunikasi dalam peran guru sebagai komunikator pendidikan di sekolah dalam menegakkan budaya kedisiplinan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk menyelidiki fenomena didalam konteks kehidupan nyata. Dengan menggunakan informasi potensial sebagai sumber data, dalam penelitian ini data-data disajikan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah studi kasus dimana penelitian dilakukan secara intensif, holistik dan sistematika mulai dari latar belakang, sifat dan karakteristik secara mendalam. Penelitian ini menggunakan teori interaksi simboliksebagai acuan analisis data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ada beberapa siswa yang melanggar peraturan kedisiplinan di sekolah terutama kedisiplinan waktu. Hal ini menunjukkan bahwa siswa belum memahami betapa pentingnya kedisplinan dalam diri, walaupun sudah diberlakukan peraturan di sekolah. pendekatan yang dilakukan oleh guru SMA Negeri 2 Nekamese dalam kedisiplinan dengan berbagai metode seperti memberikanhukuman yang tegas, didukung dengan komunikasi informasi dan persuasif yang memberikan pengetahuan kepada komunikan lalu membimbing komunikan untuk mengikuti pesan yang disampaikan. Dalam hal ini arus informasi yang diterima diharapkan dapat merubah pola pikir dan sikap yang positif.


Detail Information

Item Type
Penulis
Yatni Delila Bana - Personal Name
Student ID
1503050058
Dosen Pembimbing
Maria Yulita Nara,S.Sos,M.I.Kom - 198905182019032024 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Petrus Ana Andung, S.Sos, M.Si - - Ketua Penguji
MARIA YULITA NARA - 198905182019032024 - Penguji 1
Silvania Stella Epiphania Mandaru - 198401062014042001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.1 Ana K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA