Dinamika Konflik Tanah Nepang Antar Desa Adobala Dan Desa Redontena (Studi Kasus Di Desa Adobala Dan Desa Redontena Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur)

Detail Cantuman

Skripsi

Dinamika Konflik Tanah Nepang Antar Desa Adobala Dan Desa Redontena (Studi Kasus Di Desa Adobala Dan Desa Redontena Kecamatan Kelubagolit Kabupaten Flores Timur)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika penyelesaian konflik tanah Nepang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 2 orang Kepala Adat, 2 orang Kepala Desa, 2 orang Tokoh Agama dan 2 orang Tokoh Masyarakat, yang punya peran penting dan mengetahui konflik tanah Nepang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Dinamika Konflik Tanah Nepang antar Desa Adobala dan Desa Redontena adalah pertama mediasi, cara ini sudah diupayakan oleh tim mediator namun tidak berhasil, dikarenakan kedua Desa tersebut mempertahankan hak milik tanah dengan berpegang pada prinsipnya masing-masing. Kedua upaya hukum, cara ini sedang diupayakan oleh masyarakat Desa Redontena. Mereka dalam tahap persiapan untuk mengajukan banding ke Pengadilan. Ketigaintervensi pemerintah, ketika terjadi konflik pernah ada intervensi dari Pemerintah Provinsi yang menawarkan untuk membagi dua tanah ulayat kepada kedua Desa. Ada juga tim dari Mabes Polri yang meminta agar tanah dijual kepada Pemerintah. Namun semua solusi yang ditawarkan ditolak oleh masyarakat. Hal inilah yang menyebabkan hingga sekarang konflik tanah ulayat antara Desa Adobala dan Desa Redontena masih belum juga terselesaikan. Peneliti menyarankan agar Pemerintah Kabupaten Flores Timur lebih respons terhadap konflik tanah yang terjadi dengan memberikan solusi yang dapat mengatasi masalah pertikaian tanah tersebut agar kedua Desa dapat berdamai.


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1603030086
Dosen Pembimbing
Penguji
Hotlif Arkilaus Nope - 197711242005011002 - Ketua Penguji
Drs.Herman Y. Utang,L.Ph - 196602212006041001 - Penguji 1
Blajan Konradus - 196102191988031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Cah D
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA