Partisipasi Perempuan Pesisir Dalam Menunjang Pendapatan Keluarga (Studi Kasus Perempuan Pedagang Kuliner Pantai Lasiana, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang)

Detail Cantuman

Skripsi

Partisipasi Perempuan Pesisir Dalam Menunjang Pendapatan Keluarga (Studi Kasus Perempuan Pedagang Kuliner Pantai Lasiana, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang)

XML

Skripsi ini berjudul Partisipasi Perempuan Pesisir dalam Menunjang Pendapatan Keluarga (Studi Kasus Pada Perempuan Pedagang Kuliner Pantai Lasiana, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang). Masalah penelitian ini adalah bagaimana partisipasi perempuan pesisir dalam menunjang pendapatan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk partisipasi perempuan pesisir dalam menunjang pendapatan keluarganya di Pantai Lasiana, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berfokus pada bentuk partisipasi perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Penelitian ini melibatkan 15 orang informan. Informan tersebut antara lain; 5 perempuan pedagang serta suami mereka masing – masing dan 5 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan Teori Partisipasi melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perempuan di pesisir pantai Lasiana yang telah berkeluarga harus bekerja karena pendapatan rendah. Perempuan – perempuan turut berpartisipasi melalui 5 bentuk partisipa yakni (1) Bentuk partisipasi gagasan ditunjukkan dengan ruang bagi perempuan untuk mengatur dan merancang pembagian waktu di ruang publik maupun domestik termasuk memanfaatkan hasil usahanya; (2) bentuk partisipasi tenaga ditandai dengan tetap berjalan seimbang antara usaha kuliner dan tugas pokoknya sebagai ibu rumah tangga. Dari sini kita dapat mengetahui seberapa besar tenaga yang dikerahkan untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera; (3) bentuk partisipasi harta benda berupa uang tabungan, perhiasan, perkakas atau alat – alat serta tanah milik mereka dimanfaatkan untuk menjalankan usaha mereka; (4) perempuan pesisir mendayagunakan keterampilan dan kreativitasnya dibuktikan dengan ragam kreasi pangan dan produk jualan lainnya yang dapat diterima sebagai bentuk partisipasi mereka untuk menunjang pendapatan keluarga, dan (5) partisipasi aktif dalam kegiatan social kemasyarakatan seperti arisan dan menjadi anggota koperasi menjadi wujud partisipasi sosial perempuan sekaligus untuk menunjang kekuatan financial mereka. Berdasarkan hasil dan kesimpulan penelitian ini maka penulis menyarankan agar pemerintah (Dinas PPPA, BKKBN, dan Koperasi dan UMKM) perlu mengadakan sosialisasi mengenai adanya kesamaan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan di dalam kehidupan berumah tangga, memberdayakan potensi kaum ibu dengan memberi pelatihan pekerjaan tangan atau membantu dengan kredit usaha kecil menengah agar perempuan di pesisir pantai Lasiana dapat semakin berkembang dalam menjalankan bisnisnya dan menambah pendapatan, sehingga nanti berujung pada peningkatan ekonomi keluarga.


Detail Information

Item Type
Penulis
Farlan Solukh - Personal Name
Student ID
1603030078
Dosen Pembimbing
BALKIS SORAYA TANOF - 196801301994032001 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Balkis Soraya Tanof - 196801301994032001 - Ketua Penguji
Aris Lambe - 196205021990031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
69201
Edisi
Published
Departement
Sosiologi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
692.01 Sol P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA