Perancangan Alat Deteksi Letak Kebocoran Pipa Menggunakan Sensor Flow Meter Berbasis Arduino

Detail Cantuman

Skripsi

Perancangan Alat Deteksi Letak Kebocoran Pipa Menggunakan Sensor Flow Meter Berbasis Arduino

XML

PERANCANGAN ALAT DETEKSI LETAK KEBOCORAN PIPA MENGGUNAKAN SENSOR FLOW METER BERBASIS ARDUINO Jefry Ignatius Dimu, Alrnindo H. Ginting *, Hendrik Djahi**
Dalam melayani kebutuhan air bersih, banyak sekali masalah yang timbul seperti tekanan air di wilayah tertentu tidak stabil, adanya konsumen yang tidak mendapatkan air, pipa bocor dan sebagainya. Kebocoran fisik adalah kebocoran yang disebabkan oleh bocornya pipa dan perlengkapannya. Sedangkan kebocoran non-fisik adalah kebocoran yang disebabkan oleh pencurian air, sambungan liar, pembacaan meter yang tidak benar, dan akurasi meter yang rendah. Dalam mendeteksi kebocoran pipa, PDAM umumnya masih menggunakan sistem manual. Oleh karena itu dengan menggunakan Water flow sensor dapat mendeteksi debit air yang masuk melalui pipa dengan menggunakan 2 buah sensor, sehingga dapat menganalisis debit air yang masuk melalui pipa agar dapat mengetahui area kebocoran, tinggkat kebocoran, dan jumlah titik kebocoran dengan menggunakan metode analisa tingkat penurunanan debit air yang akan di proses oleh rnikrokontrolel NodeMCU berbasis Interneet of things (IoT)
Penelitian ini diawali dengan membuat perangkat keras berupa alat dan kemudian perancangan sistem dan dengan membuat skematik rangkaian keseluruhan system. Alat yang dibuat kemudian diintregasikan dengan source code sistem dengan fungsi yang ingin dibangun. Kemudian dilakukan pengujian fungsi alat tersebut dengan uji coba sensor water flow diamana hasilnya akan dikirim melalui Telegram.
Dua buah sensor water flow mendeteksi ada kebocoran pada pipa yaitu dengan menghitung nilai debit air yang melewati dua buah sensor water flow dan membandingkan nilai tersebut. Debit air yang terbaca pada sensor pertama dan debit air yang terbaca pada sensor kedua terdapat perbedaan dimana nilai debit yang tebaca pada sensor pertama lebih besar. Sehinga alat membaca terjadi kebocoran pada titik pertama yang kemudian melaporkannnya berupa notifikasi pada telegram.


Kata Kunci: Kebocoran Pipa, Sensor water flow, IoT


Detail Information

Item Type
Penulis
Jefry Ignatius Dimu - Personal Name
Student ID
1506030092
Dosen Pembimbing
ALMIDO H GINTING - 197608162005011001 - Dosen Pembimbing 1
HENDRIK J DJAHI - 197903032008121001 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Almido H Ginting - 197608162005011001 - Ketua Penguji
Hendrik J Djahi - 197903032008121001 - Penguji 1
Jani F Mandala - 196801221999031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
20201
Edisi
Published
Departement
Teknik Elektro
Kontributor
Hendrik J. Djahi - Kontributor
Jani F. Mandala - Kontributor
Almido H. Ginting - Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
202.01 JEF P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA