Hubungan Lama dan Posisi Duduk Selama Kuliah Online dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana

Detail Cantuman

Skripsi

Hubungan Lama dan Posisi Duduk Selama Kuliah Online dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan Universitas Nusa Cendana

XML

Tujuan Penelitian : Mengamati hubungan lama dan posisi duduk selama kuliah online dengan keluhan nyeri punggung bawah pada mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan Undana. Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional yang dilakukan pada mahasiswa Kedokteran Undana. Pengumpulan data dengan pengisian kuesioner Roland-Morris disability questionnaire (RMDQ) dan pengamatan posisi duduk metode Rapid Entire Body Assesment (REBA). Jumlah sampel 69 responden. Analisis data menggunakan uji chi square.
Hasil : Hasil uji menggunakan uji chi-square, tidak terdapat hubungan signifikasn antara lama duduk selama kuliah online dengan keluhan nyeri punggung bawah dengan nilai p=0,289, dan terdapat hubungan antara posisi duduk selama kuliah online dengan keluhan nyeri punggung bawah dengan nilai p=0,020.
Kesimpulan : Pada penelitian ini didapatkan sebagian besar mahasiswa Kedokteran Undana yang duduk lama mengikuti kuliah online tidak berpengaruh mengalami keluhan nyeri punggung bawah dan sebagian besar mahasiswa Kedokteran Undana mengalami nyeri punggung bawah selama mengikuti kuliah online karena posisi duduk salah.
Kata Kunci : Nyeri punggung bawah, posisi duduk, lama duduk, mahasiswa kedokteran

Background: Globally, the prevalence of low back pain from 1990 to 2017 varies widely, reaching 15% to 45% annually. Low back pain can be caused by bad body activity and wrong position during activities, such as a bad sitting position during activities. Sitting for a long time in the wrong position can cause side effects for students, one of the most common is lower back pain.
Research Objectives: Find out the correlation between length and sitting position durin


Detail Information

Item Type
Penulis
Sonia Nenoliu - Personal Name
Student ID
1808010007
Dosen Pembimbing
DYAH GITA RAMBU KARERI - 198111222008012018 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dyah Gita Rambu Kareri - 198111222008012018 - Ketua Penguji
Derri Tallo Manafe - - Penguji 1
I Made Buddy Setiawan - 198502072018031001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
11201
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Dokter
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
112.01 Nen H
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA