Skripsi
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Alat Peraga Blok Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Pecahan di Kelas VII SMP Negeri 1 Sabu Timur
XMLDalam mempelajari matematika, peserta didik harus memahami konsep matematika agar dapat menyelesaikan masalah. Oleh karena itu akan dilakukan sebuah penelitian untuk membantu siswa dalam memahami konsep. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman konsep pecahan melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan alat peraga blok pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Sabu Timur.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis & MC Tagart, terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII B SMP Negeri 1 Sabu Timur dan guru peneliti.
Hasil penelitian menunjukan 1) presentase ketuntasan indikator pemahaman konsep dari siklus I ke siklus II adalah a) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis dari 81,34% ke 88,09%, b) mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah dari 50,79% ke 71,42%, c) mengaplikasikan konsep yang sudah dimiliki dari 47,61% ke 72,61%; 2) Presentase ketuntasan belajar dari siklus I 42,85% mengalami peningkatan pada siklus II 85,71%, 3) nilai keterlaksanaan data observasi guru meningkat dari 84,89 menjadi 92,18; 4) data observasi aktivitas peserta didik meningkat dari 74,16 menjadi 88,12. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi pecahan setelah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan alat peraga blok pecahan.
Kata Kunci : Blok Pecahan, Model Discovery Learning, Pemahaman Konsep
In studying mathematics, students must understand mathematical concepts in order to solve problems. Therefore, a study will be conducted to assist students in understanding the concept. The purpose of this study was to describe the understanding of the concept of fractions through the application of the Discovery Learning learning model assisted by fractional block teaching aids in class VII SMP Negeri 1 Sabu Timur.
The research method used is Classroom Action Research (CAR) which refers to the Kemmis & MC Tagart model, consisting of 4 stages, namely Planning, Implementation, Observation and Reflection. The data analysis technique used is qualitative and quantitative with the research subjects being class VII B students of SMP Negeri 1 Sabu Timur and research teachers.
The results showed 1) the percentage of completeness indicators of concept understanding from cycle I to cycle II were a) presenting concepts in various forms of mathematical representation from 81.34% to 88.09%, b) applying concepts or problem solving algorithms from 50.79% to 71.42%, c) apply the concepts that have been owned from 47.61% to 72.61%; 2) The percentage of mastery learning from cycle I was 42.85% increased in cycle II to 85.71%, 3) the value of the implementation of teacher observation data increased from 84.89 to 92.18; 4) observation data on student activities increased from 74.16 to 88.12. Thus, it can be concluded that there is an increase in students' understanding of the concept of fractions after applying the Discovery Learning learning model assisted by fractional block teaching aids.
Keywords :Fraction Block, Discovery Learning Model, Concept Understanding
Detail Information
Item Type | |
---|---|
Penulis |
Priska Eunike Do Lalu - Personal Name
|
Student ID |
1801030062
|
Dosen Pembimbing |
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 1
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji |
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Ketua Penguji
Ofirenty E. Nubatonis - 19861029 201903 2 010 - Penguji 1 |
Kode Prodi PDDIKTI |
84202
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Matematika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | UPT Perpustakaan Undana : Kupang., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
842.02 Lal P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |