Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Pada Materi Sumber Energi Kelas Iv Di Sdn Enoraen Amarasi Timur

Detail Cantuman

Skripsi

Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Pada Materi Sumber Energi Kelas Iv Di Sdn Enoraen Amarasi Timur

XML

Berdasarkan observasi dengan wali kelas IV SDN Enoraen Amarasi Timur, menunjukan bahwa hasil belajar IPA peserta didik masih rendah. Penyebab hal ini adalah kurang adanya ketertarikan siswa pada saat pembelajaran berlangsung kerena pembelajaran yang kurang menarik perhatian sehingga siswa kurang berpartisipasi secara aktif dan membuat siswa cepat bosan selama proses pembelajaran. Pe,belajaran IPA harus menerapkan model pembelajaran yang menarik agar siswa terlihat aktif saat proses pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi sumber energi kelas IV di SDN Enoraen Amarasi Timur.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre experimental design secara khusus penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini hasil perlakuan akan dibandingkan dengan keadaan sebelum diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Enoraen Amarasi Timur yang berjumlah 11 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik analisis tes menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi produc moment dan Releabilitas dengan rumus K.R. 20. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dengan uji kolmogorov-smirnov, uji homogenitas menggunakan uji leven’s test, dandilanjutkan uji hipotesis dengan uji paired samples test.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian di peroleh hasil uji hipotesis dengann uji-t memiliki nilai t test sebesar 4,569 lebih besar (>) dari nilai t tabel pada taraf signifikansi 95% dan b.d (derajat kebebasan) 10 adalah 1,812. Jadi berdasarkan kriteria keputusan penerimaan/penolakan maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model picture and picture terhadap hasil belajar IPA siswa pada materi sumber energi kelas IV di SDN Enoraen Amarasi Timur.

Kata Kunci: Picture And Picture, Hasil Belajar, Sumber Energi


Detail Information

Item Type
Penulis
Semi Fiktoria Taneo - Personal Name
Student ID
1701140182
Dosen Pembimbing
FEMBRIANI - 199202132018032001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fembriani - 199202132018032001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Taty Rosiana Koroh - 196210041988112001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
pendidikan guru sekolah dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 TAN P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA