Analisis Kualitas Pelayanan PT. ASDP Indonesia Ferry Di Pelabuhan Ferry Waijarang Kabupaten Lembata

Detail Cantuman

Skripsi

Analisis Kualitas Pelayanan PT. ASDP Indonesia Ferry Di Pelabuhan Ferry Waijarang Kabupaten Lembata

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan Pt.Asdp dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penghambat dalam pemberian pelayanan Pt.Asdp kepada penumpang di pelabuhan ferry waijarang kabupaten Lembata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Pt.Asdp, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lembata, penumpang berangkat dan penumpang turun di Pelabuhan Ferry Waijarang. Teknik penentuan informan meggunakan teknik purposive sampling menurut Sugiyono. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis kualitas pelayanan yang diberikan, penulis menggunakan kriteria kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Maxwel (dalam Zauhar, 2001), yaitu : (1) Tepat dan Relevan, (2)Tersedia dan Terjangkau, (3)Menjamin rasa keadilan, (4)Dapat diterima, (5)Ekonomis dan efisien, (6)Efektif dan (7)Kepuasan Konsumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan jasa di Pelabuhan ferry waijarang berdasarkan kriteria kualitas pelayanan (1) Tepat dan relevan : (a)Ketepatan jadwal berangkat dan kedatangan kapal sering mengalami keterlambatan. (b) Kejelasan informasi Jadwal kapal yang diberikan oleh PT.ASDP kurang sesuai dengan kedatangan dan keberangkatan kapal. Hal ini dikarenakan adanya beberapa sarana dan prasarana yang menunjang proses bongkar muat kapal mengalami kerusakan. Selain itu informasi dari beberapa penumpang yang belum mengetahui bagaimana alur penggunaan jasa ini mengalami kebingungan disebabkan karena tidak ada papan petunjuk yang disediakan. (2)Tersedia dan terjangkau : (a) Sarana dan prasaran yang ada di pelabuhan ferry waijarang belum lengkap dan memadai. Hal ini disebabkan karena kondisi beberapa sarana dan prasarana yang ada sangat terbatas dan mengalami kerusakan. Kondisi ini disebabkan karena tingkat keamanan yang kurang serta tidak adanya perawatan terhadap sarana dan prasaran yang ada. (b) Sarana dan prasarana yang ada belum digunakan sesuai dengan fungsinya. Hal ini disebabkan karena petugas PT.ASDP tidak mengkordinir dan mengarahkan para pengendara untuk memarkir kendaraan sesuai dengan tempatnya sehingga para pengendara sendiri memilih memarkir kendaraan mereka. (c) Sarana dan prasarana yang tersedia susah diakses oleh penumpang. Hal ini disebabkan karena keterbatasan sarana dan prasarana yang ada seperti kursi di ruang tunggu serta kerusakan kursi dan toilet. (3) Dapat menjamin rasa keadilan : (a)Petugas belum memberikan pelayanan secara adil dan merata kepada Penumpang. Hal ini disebabkan karena penumpang masih merasakan perbedaan pemberian pelayanan oleh petugas kepada penumpang yang diketahui merupakan kerabat dari petugas yang bersangkutan. (b) Harga tiket untuk klasifikasi usia sudah jelas tertera di loket pembelian tiket mulai dari harga tiket anak-anak dan dewasa menurut lintasannya masing- masing. (c) Harga tiket untuk klasifikasi jenis kendaraan dan barang sudah jelas tertera di loket pembelian tiket sesuai dengan lintasannya masing-masing. (4)Dapat diterima : (a) Petugas Pt.Asdp selalu memberikan pelayanan secara baik dan sopan kepada semua penumpang di pelabuhan ferry waijarang. (b) Petugas Pt.Asdp sudah menjaga keamanan dan ketertiban dengan baik, (c) Petugas Pt.Asdp tidak cepat tanggap dan sigap dalam menanggapi keluhan penumpang. Masalah ini disebabkan karena kurangnya jumlah petugas Pt.ASDP yang ada di pelabuhan ferry waijarang . Hal ini juga yang menyebabkan tempat loket untuk kendaraan dan penumpang di pelabuhan ferry waijarang dibuat hanya satu loket saja. (d) Petugas Pt.Asdp sudah memahami apa yang diinginkan dan menjadi kebutuhan penumpang. (5) Ekonomis dan efisien : (a)Harga tiket yang diberikan untuk transportasi kapal ferry di pelabuhan ferry waijarang sangat terjangkau dan ekonomis karena jika dibandingkan dengan kapal pelni harga tiketnya jauh lebih mahal. (6) Efektif : (a)Sarana prasarana yang disediakan di pelabuhan ferry waijarang tidak nyaman digunakan. Alasannya karena ada beberapa sarana dan prasarana yang jumlahnya masih kurang, seperti kursi yang berada di ruang tunggu, Selain itu kondisi toilet rusak yang sangat menganggu kenyamanan penumpang. (b)Pelayanan jasa yang diberikan oleh petugas Pt.Asdp tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan pelayanan. Petugas sudah mengetahui dan bertanggungjawab dengan tugas-tugas bidang yang ditangani.(7) Kepuasan Konsumen : (a) Pelayanan yang diberikan petugas Pt.Asdp di pelabuhan ferry waijarang sudah sesuai dengan harapan. Disamping harganya yang terjangkau Tingkat kemampuan petugas Pt.Asdp selalu memberikan yang terbaik dalam melaksanakan tugasnya. (b)Penumpang yang menggunakan transportasi laut di pelabuhan ferry waijarang sangat merekomendasikan transportasi ferry sebagai salah satu trasnportasi pilihan keluar atau kedalam kabupaten Lembata. Alasannya karenakan harga tiketnya jauh lebih murah Selain itu pelayanan dari petugas Pt.Asdp juga sangat baik dalam melayani penumpang. (c)Penumpang memiliki keinginan kembali untuk menggunakan transportasi kapal ferry di pelabuhan waijarang. Alasannya karena transportasi menggunakan kapal ferry memiliki beberapa keuntungan dimana para penumpang bisa membawa lebih banyak barang bawaan dan bahkan kendaraan mereka tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Faktor yang menjadi penghambat Pt.Asdp dalam memberikan pelayanan kepada penumpang yaitu sarana dan prasarana yang tidak memadai dan keterbatasan jumlah petugas Pt.Asdp di pelabuhan ferry waijarang. Saran yang diangkat dari penelitian ini adalah pihak PT ASDP Indonesia Ferry diharapkan mampu menambah jumlah petugas dipelabuhan Ferry Waijarang agar jika penumpang membutuhkan segalah sesuatunya petugas siap kapan saja dan proses pemberian pelayanan dapat berjalan dengan maksimal kedua PT.ASDP Indonesia Ferry sebaiknya berkordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata serta pihak-pihak terkait untuk mengadakan perbaikan-perbaikan dan pengembangan sarana prasarana yang ada di pelabuhan ferry waijarang agar para penumpang kapal di pelabuhan ferry waijarang dapat merasakan kenyamanan pelayanan yang optimal dan akan terus menggunakan transportasi laut di pelabuhan ferry waijarang kabupaten Lembata.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Jasa, Pelabuhan


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1803010100
Dosen Pembimbing
NURSALAM - 196410091991031001 - Dosen Pembimbing 1
MARKUS TAE - 197004152000031003 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Nursalam - 196410091991031001 - Ketua Penguji
Markus Tae - 197004152000031003 - Penguji 1
Maria Magdalena Lino - 196312071990032001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
63201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Administrasi Negara
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
632.01 HIP A
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA