Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Dongeng Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD Inpres Wolatang Kabupaten

Detail Cantuman

Skripsi

Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Dongeng Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas III SD Inpres Wolatang Kabupaten

XML

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dalam membaca nyaring menggunakan metode demnstrasi di kelas III SD Inpres Wolatang. Metode penelitian yang digunakan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan teknik pengumpulan data yakni observasi dan tes teknik analisis data yakni deduktif dan kualitatif dengan subyek berjumlah 19 orang dengan rincian siswa laki-laki 9 orang dan siswa perempuan 10 orang.
Penelitian ini diadakan di SD Inpres Wolatang, dengan hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, sebanyak 12 siswa (63%) dari 19 subyek tuntas dengan nilai 72,3 karena sudah dapat membaca nyaring dongeng. Sedangkan 7 orang lainnya dari 19 subjek ( 37%) belum mencapai standar ketuntasan. Selanjutnya pada siklus II hasil belajar siswa meningkat. Yakni dari 19 subjek, 18 siswa( 94,7 ) tuntas dengan persentase nilai 89 karena sudah membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar. Sedangkan 1 siswa lainnya belum tuntas karena masih kurang percaya diri dan kurang aktif. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam penerapam metode demonstrasi dengan materi tema 2 menyayangi tumbuhan dan hewan, Sub Tema 1 manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang diharapkan peneliti.

Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Kemampuan Membaca Nyaring.


Detail Information

Item Type
Penulis
Bendelina Molobila - Personal Name
Student ID
1601140183
Dosen Pembimbing
KARUS MARIA MARGARETA - 196210141990032001 - Dosen Pembimbing 1
NETTY E. A. NAWA - 9900007798 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Karus Maria Margareta - 196210141990032001 - Ketua Penguji
Netty E. A. Nawa - 9900007798 - Penguji 1
Ch. Labu Djuli - 196207031990031002 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86206
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
862.06 Mol P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA