Konstruksi Makna Ritual Naketi (Sebuah Kajian Fenomenologis Di Desa Binenok, Kecamatan Kot’olin, Kabupaten Timor Tengah Selatan)

Detail Cantuman

Skripsi

Konstruksi Makna Ritual Naketi (Sebuah Kajian Fenomenologis Di Desa Binenok, Kecamatan Kot’olin, Kabupaten Timor Tengah Selatan)

XML

Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Naketidimaknai sebagai bentuk penyelesaian persoalan dalam hidup orang Dawan. Kedua Naketi dimaknai sebagai bentu pengakuan dosa orang Dawan terhadap Uis-Neno, Uis-Pah dan arwah nenek moyang mereka. Ketiga Naketi dimaknai sebagai bentuk kepercayaan kepada arwah leluhur, Uis-Neno, Uis-Pah dan kepercayaan akan Tuhan yang mempunyai peran dalam menciptakan keharmonisan hidup orang Dawan. Berdasarkan hasil penelitian juga peneliti melihat bahwa adanya singkretisme dalam ritual Naketi. Dalam motif “karena”, atau yang disebebkan pada pengalaman masalalu. Berdasarkan hasil penilitian, peneliti melihat adanya kesamaan motif “karena” dari 8 (delapan) informan yakni masih mempercayi terhadapan leluhur, Uis-Neno, Uis-Pah dan kepercayaan kepada Tuhan yang mempunyai peran dalam kehidupan orang Dawan. Sedangkan dalam “untuk” bertujuan pada masa depan masyrakat Desa Binenok, KecamatanKotolin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, melakukan ritual Naketi. Berdasarkan hasil penilitian dan pembahasan, peneliti melihat adanya kesamaan motif “untuk” dari 8 (delapan) informan yakni untuk memperoleh kehidupan yang harmonis dan untuk terhindar dari malapetaka atau persoalan hidup.
Kata kunci: Komunikasi Ritual, Naketi, Makna dan Motif.


Detail Information

Item Type
Penulis
Jejen Aryanto Nakamnanu - Personal Name
Student ID
1703050123
Dosen Pembimbing
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Petrus Ana Andung - 197402072008011012 - Ketua Penguji
Fitria Titi Meilawati - 8809023419 - Penguji 1
Silvania S.E Mandaru,S.Sos,M.Comn - NIP. 19840106 201404 2 001 - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
70201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Komunikasi
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
702.01. Nak K
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA