Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website manggunakan Google Sites pada Materi Transformasi Geometri untuk Siswa Kelas IX

Detail Cantuman

Skripsi

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website manggunakan Google Sites pada Materi Transformasi Geometri untuk Siswa Kelas IX

XML

Perkembangan teknologi yang sangat pesat berdampak pada dunia pendidikan, teknologi dapat membantu proses pembelajaran yang lebih efektif dengan mengembangkan suatu media pembelajaran yang lebih mudah dipahami peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Menggunakan google sites pada materi Transformasi Geometri untuk siswa keas IX yang valid, praktis, dan efektif.
Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dengan lima tahapan yaitu analisi produk, desain media, pengembangan media pembelajaran, implementasi hasil pengembangan, dan evalusi yang dilakukan untuk merevisi media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terhadap guru mata pelajaran, angket yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media sebagai validator, guru mata pelajaran dan peserta didik dan tes kemampuan peserta didik pada soal evaluasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis website yang telah dikembangakan valid, praktis dan efektif. Kevalidan media diperoleh dari penilaian ahli materi dengan rata-rata 4,31 dan penilaian ahli media 4,3 yang dikategorikan “valid”. Kepraktisan diperoleh dari hasil respon guru mata pelajaran dengan rata-rata hasil respon 5, dan rata-rata respon peserta didik pada uji coba skala kecil adalah 4,4 untuk uji coba skala besar adalah 4,78 sehingga termasuk dalam kategori “praktis”. Keefektifan diperoleh dari hasil tes peserta didik menggunakan media pembelajaran, di mana pada uji coba skala kecil diperoleh presentase kelulusan peserta didik sebesar 60% termasuk dalam kategori “cukup efektif”, uji coba skala besar diperoleh presentase kelulusan peserta didik sebesar 88% sehingga termasuk dalam kategori “sangat efektif. Maka media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Website, Transformasi Geometri


Detail Information

Item Type
Penulis
Student ID
1701030047
Dosen Pembimbing
WARA SABON DOMINIKUS - 196708041993031003 - Dosen Pembimbing 1
JULIANA M H NENOHAI - 196407021993032005 - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Wara Sabon Dominikus - 196708041993031003 - Ketua Penguji
Magdalena Wangge, M.Pd - 19930315 201903 2 026 - Ketua Penguji
Juliana M H Nenohai - 196407021993032005 - Penguji 1
Kode Prodi PDDIKTI
84202
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Matematika
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit UPT Perpustakaan Undana : Kupang.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
842.02 Man P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail


SELAMAT DATANG DI REPOSITORY UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA